Keren! Anak Buruh Ternak Ayam Lulus dengan IPK 3,97 di Unsoed

Keren! Anak Buruh Ternak Ayam Lulus dengan IPK 3,97 di Unsoed

Afzal Nur Iman - detikJateng
Selasa, 24 Jan 2023 18:03 WIB
Sasmini, lulusan terbaik di Unsoed dalam wisuda ke-147, Selasa (24/1/2023).
Samini, lulusan terbaik di Unsoed dalam wisuda ke-147, Selasa (24/1/2023). Foto: Dok Unsoed.ac.id
Semarang -

Salah satu mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Samini mampu meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) nyaris sempurna, tepatnya 3,97. Prestasi itu diraih di tengah keterbatasan ekonomi keluarganya.

Samini berasal dari Desa Banjarsari, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Ayahnya adalah buruh di peternakan ayam petelur, sedangkan ibunya merupakan buruh di pabrik makanan ringan.

Di tengah keterbatasan ekonomi, Samini tak pernah membayangkan bisa menjadi wisudawan terbaik di kampusnya. Bahkan, saat lulus dari SMA, dia sempat ragu untuk melanjutkan kuliah karena terkendala biaya.


"Karena orang tua saya itu kan bukan orang tua yang berada, sedangkan kuliah harus sedia banyak uang apalagi di universitas negeri. Ketakutan orang tua saya itu yang membuat saya ragu," kata Samini saat dihubungi detikJateng, Selasa (24/1/2023).

Dia bersyukur di saat-saat itu banyak dukungan yang mengalir kepada dirinya. Termasuk sekolah asalnya yang ikut membantu mencari cara agar dirinya bisa berkuliah.

Alhasil, kendala itu terselesaikan berkat beasiswa Bidikmisi yang menjamin biaya kuliahnya. Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) pun dipilihnya karena masih satu kabupaten dengan tempat tinggalnya.

"Alhamdulillah dapat Bidikmisi," katanya.

Setelah mendapatkan tempat kuliah di kampus negeri, dia pun tidak menyia-nyiakan harapan orang tuanya. Ekonomi yang terbatas memacu semangatnya untuk bisa lulus dengan cepat.

Alhasil, dia mampu menyelesaikan pendidikan sarjananya dalam waktu 3 tahun 2 bulan. Tidak hanya cepat, nilainya juga cukup mengagumkan dengan IPK 3,97.

Padahal, selama kuliah, dia juga memiliki segudang kegiatan di organisasi kemahasiswaan. Samini sempat aktif sebagai bendahara umum di Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FEB Unsoed dan tergabung di Laboratorium Pengembangan Karir FEB Unsoed.

Samini kemudian mengikuti wisuda ke-147 yang digelar di kampus Unsoed Purwokerto, Selasa (24/1). Dalam wisuda tersebut, anak pasangan buruh itu juga dinobatkan sebagai lulusan terbaik.



Simak Video "Sopir Audi Penabrak Mahasiswi Cianjur Ditahan Usai Menyerahkan Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(ahr/apl)