Momen Petugas Lengah hingga Mobil Pengantar Duit ATM Rp4,7 M Dicuri

Kabupaten Subang

Momen Petugas Lengah hingga Mobil Pengantar Duit ATM Rp4,7 M Dicuri

Dwiky Maulana Velayati - detikJabar
Rabu, 25 Jan 2023 21:29 WIB
Momen Petugas Lengah Berujung Mobil Pengantar Duit ATM Dicuri di Subang
Momen Petugas Lengah Berujung Mobil Pengantar Duit ATM Dicuri di Subang (Foto: Istimewa)
Subang -

Tiga tersangka pencurian kendaraan berisi uang Rp4.871.000.000 milik bank yakni SPR, AR, dan JAK harus bertekuk lutut setelah ditangkap oleh pihak kepolisian gabungan dari Polres Subang maupun Polda Jabar.

Ketiga tersangka tersebut melancarkan aksi pencurian kendaraan berisi uang yang hendak mengisi ATM di Jalur Pantura, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, pada Rabu (18/1/2023) lalu sekira pukul 02.10 WIB. Bahkan dari pelaku terekam kamera pengawas CCTV yang berada di ATM.

Dilihat detikJabar dari kamera pengawas CCTV, kendaraan minibus berwarna putih dengan nopol D 8437 FI yang tak lain kendaraan yang berisikan uang tunai tersebut terparkir di area ATM. Terlihat juga petugas jasa pengirim uang akan bersiap-siap mengisi uang ke dalam ATM.


"Di saat itu, kendaraan berisikan uang ATM tersebut sedang dalam parkir dan para petugasnya sedang mengisi dan mengeluarkan uangnya ke mesin ATM," ujar Kapolres Subang AKBP Sumarni saat menggelar konferensi pers di Mapolres Subang, Rabu (25/1/2023).

Setelah itu, tidak berlangsung lama, seorang pelaku yakni JAK langsung masuk ke dalam kendaraan yang berisi uang tersebut. Tidak membutuhkan waktu lama pelaku berhasil membawa kendaraan sebelum petugas mengisi uang ke dalam ATM. Petugas yang hendak mengisi uang ke ATM tersebut pun sontak mengejar pelaku namun tidak berhasil tertangkap.

"Nah kemudian satu pelaku masuk ke dalam sopir dan langsung membawa kabur kendaraan dan uang yang berada di dalam kendaraan," kata Sumarni.

Tiga pelaku pencurian kendaraan berisi uang Rp 4,8 miliar ditangkap.Tiga pelaku pencurian kendaraan berisi uang Rp 4,8 miliar ditangkap. Foto: Dwiky Maulana Vellayati/detikJabar

Sumarni mengungkapkan, dari ketiga tersangka yang diamankan salah satunya merupakan seorang petugas jasa pengiriman uang yakni SPR yang juga diketahui turut ikut mengawal dalam pengisian uang ATM saat kejadian.

Masih kata Sumarni, tersangka SPR diduga kuat sebagai otak dalam aksi pencurian tersebut. Sementara pelaku lainnya AR dan JAK memiliki peran lain seperti eksekutor dan penyedia kendaraan untuk melancarkan aksi mereka.

"Tersangka SPR ini peranannya yang punya inisiatif atau inisiator dan dia juga yang ikut mengawal pengiriman uang ke mesin ATMnya, kemudian tersangka lainnya yaitu AR peranannya ikut merencanakan dan yang menyiapkan kendaraan untuk bisa melancarkan aksinya. Kemudian pelaku ketiga JAK perannya yang mengambil alih kendaraan berisikan uang saat terparkir," ungkapnya.

(yum/yum)