Oknum Guru Kasus Video Mesum Ciamis Divonis 4 Tahun Penjara

Oknum Guru Kasus Video Mesum Ciamis Divonis 4 Tahun Penjara

Dadang Hermansyah - detikJabar
Rabu, 25 Jan 2023 12:49 WIB
Ilustrasi sidang (Reuters)
Ilustrasi sidang (Foto: Reuters)
Ciamis -

Oknum guru berinisial KR, pemeran video mesum Ciamis divonis 4 tahun penjara. Vonis tersebut lebih berat dari tuntutan JPU yang menuntut 3,5 tahun penjara. Selain itu, KR dihukum denda sebesar Rp250 juta subsider 2 bulan.

Pembacaan putusan disampaikan majelis hakim di Pengadilan Negeri Ciamis, Selasa (24/1/2023). Dalam kasus ini, KR dijerat pasal 29 undang-undang nomor 44 tahun 2008 tentang pornografi. Atas vonis tersebut penasihat hukum terdakwa menyatakan pikir-pikir.

"Perjalanan sidang sudah, saksi-saksi sudah. Dua minggu ke belakang dituntut oleh JPU 3,5 tahun dengan denda Rp250 juta subsider 2 bulan. Kemarin tanggal 24 Januari 2023 telah melaksanakan sidang putusan, 4 tahun denda Rp250 juta subsider 2 bulan," ujar penasihat hukum KR, Maman Sutarman saat ditemui di Pengadilan Negeri Ciamis, Rabu (25/1/2023).


Maman menjelaskan hal yang memberatkan karena KR merupakan seorang pendidik. Terdakwa menyebarkan video mesum tersebut kepada suami selingkuhannya dan kepada rekan guru lainnya.

"Kami sudah mengajukan pembelaan, intinya dua belah pihak sudah membuat surat pernyataan ada perdamaian. Intinya mengajukan nota pembelaan telah berdamai di muka persidangan didengar oleh hakim dan jaksa. Perdamaian itu ternyata tidak meringankan. Ternyata putusannya lebih tinggi dari tuntutan 3,5 tahun," ungkap Maman.

Maman mengatakan atas putusan ini pihaknya akan pikir-pikir. "Sebelum putusan terdakwa KR sudah diberhentikan dengan tidak terhormat dari dinasnya. Atas putusan ini kami pikir-pikir dalam waktu 7 hari, banding atau menerima," kata Maman.

Sekadar diketahui, Selasa (26/7/2022), dunia pendidikan Kabupaten Ciamis digegerkan dengan beredarnya video mesum oknum guru di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Menurut https://www.detik.com//jabar/hukum-dan-kriminal/d-6533334/oknum-guru-kasus-video-mesum-ciamis-divonis-4-tahun-penjara, video mesum tersebut beredar di sebuah grup perpesanan komunitas guru di wilayah Sukadana. Beredarnya video tersebut menjadi perbincangan di kalangan pendidikan.

Diketahui, KR pelaku pemeran pria, sudah tidak ada di rumahnya ketika video mesum tersebut beredar. Bahkan Dinas Pendidikan Ciamis sudah mendatangi rumahnya tiga kali untuk melakukan pemanggilan. Namun pihak dinas tidak menemukan KR.

KR sempat kabur beberapa minggu dan dirawat di RSUD Ciamis saat video mesumnya beredar di kalangan pendidikan. Setelah itu pelaku ditangkap polisi.

Polisi menyebut modus KR menyebarkan video mesumnya dengan korban karena sakit hati dan tidak terima setelah diminta putus. Antara korban dan KR menjalin hubungan asmara, padahal keduanya sudah punya pasangan yang sah.

Kedua pasangan selingkuh ini bekerja di satu sekolah yang sama, pemeran pria sebagai operator. Sedangkan pemeran perempuan berinisial LR sebagai guru.

(iqk/iqk)