Ekshumasi Makam Halimah Korban Wowon Cs, Keluarga: Biar Terungkap!

Ekshumasi Makam Halimah Korban Wowon Cs, Keluarga: Biar Terungkap!

Whisnu Pradana - detikJabar
Rabu, 25 Jan 2023 12:15 WIB
Bandung Barat -

Proses ekshumasi atau penggalian lagi makam Halimah, salah satu korban serial killer Bekasi dan Cianjur, Wowon Erawan alias Aki dan Solihin alias Duloh akhirnya dimulai pada Rabu (25/1/2023).

Rombongan kepolisian dari Polda Metro Jaya dan Puslabfor Mabes Polri tiba di TPU Saar Mutiara, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sekitar pukul 11.00 WIB.

Hujan deras menyambut kedatangan tim yang hendak melakukan ekshumasi. Garis polisi terpasang di gerbang makam, tak ada yang boleh masuk selain polisi dan perwakilan pihak keluarga.


Anggota keluarga yang tak ikut masuk ke area makam, menyaksikan proses ekshumasi dari jauh. Pun demikian dengan warga setempat, setiap menunggu ekshumasi selesai meskipun hujan mengguyur.

"Awalnya kaget kenapa ada pembongkaran lagi (ekshumasi makam Halimah). Soalnya kan kita tahunya sakit biasa, terus meninggal dan dimakamkan di sini. Dari Cianjur juga kan keluarga yang jemput," kata Neng Dewi Halimah, keponakan Halimah saat berbincang dengan detikJabar.

Namun setelah mengetahui alasan di balik ekshumasi itu, ia dan keluarga besarnya setuju. Hal itu demi mengungkap kebenaran di balik kematian Halimah pada 23 September 2016.

"Tidak nyangka ternyata jadi korban Wowon. Kalau sudah gini ya sepakat, yang penting semua terungkap sejelas-jelasnya meninggalnya bibi saya (Halimah) itu kenapa," tutur Neng Dewi.

Ia dan keluarga besarnya tak cuma kehilangan Halimah. Namun juga kerabat lain yakni Ai Maemunah yang merupakan saudara sepupunya. Lalu anak Ai yakni Ridwan, Riswandi, dan Bayu.

"Kita ingin pelaku dihukum seberat-beratnya karena sudah membunuh saudara-saudara saya," kata Neng Dewi.

(dir/dir)