Polisi Ungkap ODGJ yang Bakar Masjid di Garut Sering Bikin Onar

Polisi Ungkap ODGJ yang Bakar Masjid di Garut Sering Bikin Onar

Hakim Ghani - detikJabar
Selasa, 24 Jan 2023 10:00 WIB
Kondisi masjid yang dibakar pria diduga ODGJ di Leles, Garut
Kondisi masjid yang dibakar pria diduga ODGJ di Leles, Garut (Foto: Istimewa)
Garut -

Sebuah masjid di tengah perkampungan warga Garut dibakar pemuda berinisial E. Pria itu diduga mengalami gangguan jiwa, dan beberapa kali berbuat onar di kampungnya.

E membakar Masjid Jami Al-Hidayah yang ada di kawasan Lembang, Kecamatan Leles, Garut pada Minggu (22/1) malam. Saat itu, warga setempat tiba-tiba panik usai api berkobar dari dalam masjid.

Menurut Kapolsek Leles AKP Agus Kustanto, usai diselidiki ternyata E dalangnya. Pria berusia 29 tahun itu membakar masjid usai sebelumnya masuk ke ruang penyimpanan dan membakar Al-Qur'an.


"Sebelumnya membakar Al-Qur'an terlebih dahulu. Kemudian membakar beberapa sudut masjid, sampai akhirnya masjid terbakar," kata Agus kepada detikJabar, Selasa (24/1/2023).

Dari fakta penyelidikan, polisi menyimpulkan E mengalami gangguan kejiwaan. Agus menjelaskan, E bolak-balik masuk rumah sakit jiwa.

"Menurut keterangan keluarga, sudah tiga kali dibawa ke rumah sakit jiwa," ucap Agus.

Selain itu, berdasarkan keterangan saksi kata Agus, E juga diketahui beberapa kali meresahkan warga setempat. "Memang bukan sekali ini saja tersangka ini berbuat onar. Beberapa kali juga melakukan aksi pengerusakan dan penyerangan kepada warga setempat," pungkas Agus.

Polisi sendiri dalam waktu dekat akan membawa E ke ahli kejiwaan untuk dilakukan pemeriksaan. Agus memastikan, kendati ditemukan keterangan yang menyatakan E mengalami gangguan kejiwaan, prosedur penyelidikan tetap dijalankan.

Sementara itu, Masjid Jami Al-Hidayah yang hangus dibakar E akan segera dibangun kembali. Kapolres Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, perbaikan masjid akan dilaksanakan Polres dan Pemda Garut.

"Sedang dirancang. Masjidnya akan segera dibangun kembali," ucap Rio kepada detikJabar, Selasa (24/1/2023).

Rio mengatakan, saat ini kegiatan ibadah jemaah mesjid tersebut tidak terhenti. Tempat ibadah masyarakat dipindah untuk sementara waktu.

"Kegiatan ibadah jalan. Hanya saja tempatnya dipindahkan dulu sementara waktu," ungkap Rio.

(yum/yum)