Bujuk Rayu Wowon kepada Halimah dan Ai yang Berujung Maut

Bujuk Rayu Wowon kepada Halimah dan Ai yang Berujung Maut

Whisnu Pradana - detikJabar
Senin, 23 Jan 2023 16:36 WIB
Salsa memperlihatan foto Ai Maimunah, ibunya.
Foto Ai Maemunah, salah seorang korban Wowon cs. (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar)
Bandung Barat -

Keluarga Halimah dan Ai Maemunah, pasangan ibu-anak yang tewas di tangan pelaku serial killer Bekasi dan Cianjur, yakni Wowon Erawan alias Aki (60) dan Solihin alias Duloh (53) mengungkap alasan di balik pernikahan mereka dengan Wowon.

Seperti diketahui, Halimah merupakan istri siri dari Wowon. Namun tak diketahui dengan pasti kapan mereka menikah. Pada 2016 Halimah meninggal dunia. Tak lama, Wowon menikahi Ai yang berstatus anak tirinya.

Menurut Misbah (43), adik kandung Halimah dan paman Ai Maemunah, Wowon menjanjikan sesuatu kepada kerabatnya itu sehingga mau dinikahi.


"Jadi setelah ramai soal pembunuhan berantai ini, saya dapat cerita dari saudara di Cianjur. Halimah sama Ai itu nikah dengan Wowon karena diameng-ameng (dijanjikan) kekayaan," ujar Misbah kepada detikJabar, Senin (23/1/2023).

"Jadi si Wowon ini bilang 'sok maneh mun kawin jeung urang moal susah, bakal beunghar (kamu kalau menikah dengan saya, tidak akan hidup susah, bakal kaya)'. Tapi kenyataannya justru dibunuh," tambahnya.

Padahal kata Misbah, ia dan keluarga besarnya menolak perkawinan Halimah dan Ai Maemunah dengan Wowon. Apalagi saat diboyong ke Cililin untuk kali pertama dan terakhir, Wowon mengaku hanya bekerja sebagai tukang ojek.

"Ya sebetulnya kan kami menolak semua. Halimah sempat bawa Wowon ke Cililin, cuma sekali. Dia ngaku sebagai tukang ojek. Setelah ditolak itu, mereka pulang ke Cianjur, ternyata menikah," ucap Misbah.

Pun demikian saat Wowon menikahi Ai yang sebelumnya merupakan anak tirinya. Ai sendiri merupakan anak Halimah dari pernikahannya dengan seorang pria bernama Ahal.

"Waktu menikah sama Ai juga keluarga nggak tahu. Soalnya kan waktu Halimah meninggal itu Ai sama Wowon nggak ada datang. Jadi kita lost contact," kata Misbah.

Misbah kehilangan lima orang kerabatnya ulah kebiadaban Wowon dan partner in crime-nya, Solihin alias Duloh. Selain Halimah dan Ai, ia juga kehilangan tiga cucunya, yakni Riswandi, Ridwan, dan Bayu.

"Pastinya saya kaget, sedih banget. Kakak saya (Halimah), keponakan (Ai Maemunah), cucu saya (Bayu, Ridwan, Riswandi) meninggal sama si Wowon dan Duloh," kata Misbah.

(yum/orb)