Emak-emak Bongkar Makam Keramat di Majalengka demi Kesuksesan

Round-Up

Emak-emak Bongkar Makam Keramat di Majalengka demi Kesuksesan

Tim detikJabar - detikJabar
Minggu, 22 Jan 2023 20:00 WIB
Makam keramat di Majalengka diduga dirusak
Makam keramat di Majalengka yang dirusak emak-emak. (Foto: dok. Istimewa)
Bandung -

Tergiur ingin sukses usaha, emak-emak warga Desa Maja Utara, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, bernama JJ (49) nekat merusak makam keramat Situs Dalem Lumaju yang berada di Desa Maja Selatan.

Aksi perusakan ini dilakukan JJ usai berziarah di makam keramat tersebut. Pelaku melakukan aksinya pada Sabtu (14/1) 15.00 WIB dan makam tersebut baru diketahui mengalami kerusakan pada Minggu (15/1) 08.00 WIB.

Dalam kejadian ini, bagian pintu situs makam keramat itu rusak. Bagian makamnya juga rusak. Pemerhati sejarah sekaligus Ketua Group Madjalengka Baheula (Grumala) Nana Rohmana angkat bicara soal perusakan makam keramat itu.


"Awal https://www.detik.com//jabar/hukum-dan-kriminal/d-6529122/emak-emak-bongkar-makam-keramat-di-majalengka-demi-kesuksesan saya dapat dari temen-temen Grumala. Situs itu mengalami kerusakan di bagian makamnya. Yang dirusak batu nisannya," kata Naro kepada detikJabar, Senin (16/1).

Naro menuturkan pelaku awalnya membobol pintu utama makam. Akibatnya, bagian pintu situs keramat itu rusak. Nisan di makam keramat itu juga dicabut pelaku.

Tak hanya itu, bagian batu bata yang mengelilingi makam keramat juga dihancurkan pelaku. "Lalu pintu utama kamar makam. Itu kayaknya dibuka paksa," ujar Naro.

Naro mengungkapkan Mbah Lumaju Agung Maja merupakan tokoh pada abad ke-16 yang menyebarkan ajaran Islam di wilayah Majalengka. Naro mendesak agar kasus perusakan makam keramat itu bisa diusut tuntas pihak berwajib.

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengatakan, JJ melakukan aksi nekatnya itu demi kelancaran usahanya. Pasalnya, belakangan ini usahanya itu tengah tertatih-tatih.

Sekadar diketahui, JJ adalah seorang pebisnis jual-beli tanah. Namun usahanya itu saat ini berada di ambang kebangkrutan.

"https://www.detik.com//jabar/hukum-dan-kriminal/d-6529122/emak-emak-bongkar-makam-keramat-di-majalengka-demi-kesuksesan yang didapatkan, pelaku meyakini dengan ziarah tersebut yang bersangkutan meminta rida dan restu dari para leluhur sehingga usahanya di tahun 2023 diharapkan semakin lancar. Karena di tahun 2022 kemarin usahanya menurun," kata Edwin, Kamis (19/1).

Tak hanya itu, pelaku juga mengambil sejumlah barang dari makam keramat tersebut. Barang-barang itu ia diyakini menjadi pembawa berkah bagi usahanya.

"Yang kita ketahui dari hasil pemeriksaan, ada beberapa barang yang didapatkan pada saat melakukan perusakan itu. Yang besar adalah, pelaku membawa 10 kilogram tanah dan beberapa barang-barang kecil serta barang-barang yang lainnya," ujar Edwin.

Sebelum melakukan aksi itu, JJ mendapat wangsit atau pesan gaib. "Kemudian yang bersangkutan mendengar bisikan itu, dan melakukan perusakan untuk mendapatkan tanah makam," jelas Edwin.

Pelaku diamankan polisi sehari setelah makam keramat tersebut diketahui telah dirusak oleh orang tak dikenal. Identitas pelaku terungkap berdasarkan hasil keterangan dari sejumlah saksi. Namun kejadian ini berakhir damai.

Edwin menambahkan, pelaku telah meminta maaf kepada keluarga pemilik makam. Selain itu, pelaku telah menyadari atas kesalahannya itu.

"Ada pertemuan antara pelaku dan keluarga pemilik makam. Mereka menyelesaikan permasalahan ini secara kekeluargaan. Yang bersangkutan mengakui kesalahannya," kata Edwin.

(wip/orb)