Kejanggalan Kematian Halimah Korban Serial Killer Versi Keluarga

Kejanggalan Kematian Halimah Korban Serial Killer Versi Keluarga

Whisnu Pradana - detikJabar
Sabtu, 21 Jan 2023 21:16 WIB
Makam Halimah Istri-Korban Wowon cs di Bandung Barat
Makam Halimah Istri-Korban Wowon cs di Bandung Barat (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Halimah jadi salah satu korban pembunuhan duo serial killer Bekasi dan Cianjur, Wowon Erawan alias Aki (60) serta Solihin alias Duloh (53). Warga Kampung Saar Mutiara, Desa Karangtanjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) itu juga merupakan istri Wowon sekaligus ibu dari Ai Maimunah, istri dan korban Wowon cs.

Berdasarkan penuturan Misbah (40), adik Halimah, ada hal yang janggal di balik kematian sang kakak. Sebab kondisi sang kakak pada saat meninggal 23 September 2016 silam tak seperti seseorang yang menderita sakit pada umumnya.

Dari gambaran yang disampaikan Misbah, sebelum meninggal pada usia sekitar 49 tahunan, perut Halimah membengkak dan mengalami kencing darah.


"Terus matanya itu melotot seperti ada yang masuk gitu, tapi masih bisa komunikasi. Waktu sakit itu dirawatnya di rumah anaknya di Cianjur," ujar Misbah saat ditemui di makam Halimah di TPU Islam Karangtanjung, KBB, Sabtu (21/1/2023).

Keluarga Halimah bukan tanpa usaha. Mereka sempat memeriksakan Halimah ke dokter, namun dokter menyebut kondisi kesehatan Halimah baik-baik saja.

"Saya juga sempat tanya kok bisa gini. Jadi, awalnya hanya disangka tumor, tapi kata dokter ini aneh. Saya bahkan sempat usap daun kelor ke badan kakak saya, siapa tahu ada susuk di badan kakak saya atau ada yang ngerjain," ucap Misbah.

Semakin jadi pertanyaan keluarga yakni sosok Wowon tak sekalipun menampakkan batang hidungnya selama Halimah sakit sampai akhirnya meninggal dunia dan dimakamkan di Cililin.

Namun sebelum meninggal, Misbah sebagai sosok yang dituakan di keluarga sempat mendengar kalau Halimah menyebut nama Wowon sambil menyebut ia sosok yang tega.

"Kakak saya bilang si Wowon meni tega (sangat tega). Soalnya uang rumah kakak saya dibawa Rp 30 juta. Saya pulang dulu ke Bandung, baru juga sampai tiba-tiba ditelepon lagi kalau kakak saya meninggal. Saya kaget, langsung jemput pakai ambulans Desa Karangtanjung," ucap Misbah.

Belakangan keluarga mengetahui kematian Halimah yang dianggap sakit tapi tidak wajar. Wowon dan partner in crimenya, Duloh lah penyebabnya.

"Setelah ramai kalau keponakan saya (Ai Maimunah) dibunuh sama Wowon, ternyata kakak saya juga meninggalnya dibunuh dia sama si Duloh. Jadi jelas semuanya sekarang," kata Misbah.

Sudah Siap Jika Makam Halimah Dibongkar

Di sisi lain, Misbah sebagai juru bicara keluarga besarnya menyebut sudah siap membantu proses penyidikan kasus pembunuhan berantai di Cianjur dan Bekasi melalui pembongkaran makam Halimah.

"Kalau pihak keluarga menunggu dan siap (mengizinkan) dibongkar. Soalnya kita ingin pasti juga apakah benar (dibunuh) atau tidak," ujar Misbah.

Sementara itu, ia dan keluarga besarnya mengetahui Halimah menjadi salah satu korban sadisnya Wowon dan Duloh melalui https://www.detik.com//jabar/hukum-dan-kriminal/d-6528057/kejanggalan-kematian-halimah-korban-serial-killer-versi-keluarga dari pemberitaan.

"Kebetulan ada media dari Jakarta telepon saya kalau Teh Halimah dibunuh oleh Duloh dan Wowon," ucap Misbah.

(iqk/iqk)