3 Istri yang Tewas di Tangan Wowon Cs Ternyata Pernah Jadi TKW

3 Istri yang Tewas di Tangan Wowon Cs Ternyata Pernah Jadi TKW

Ikbal Selamet - detikJabar
Sabtu, 21 Jan 2023 19:18 WIB
Para tersangka serial killer di Bekasi dan Cianjur telah menyiapkan lubang untuk mengubur para korban
Para tersangka 'serial killer' di Bekasi dan Cianjur telah menyiapkan lubang untuk mengubur para korban (Foto: Mei Amelia/detikcom).
Cianjur -

Lima dari sembilan korban kekejian duo serial killer Wowon (60) dan Solihin (70) ternyata merupakan Tenaga Kerja Wanita (TKW). Sedangkan empat korban lainnya merupakan anak dan mertua dari tersangka Wowon.

Polisi menyebut rata-rata korban kekejian ketiga pelaku merupakan orang terdekat dari pelaku. Bahkan beberapa di antaranya merupakan istri dari pelaku Wowon.

Selain itu, polisi menyebut dua di antaranya yakni Siti dan Farida merupakan Tenaga Kerja Wanita (TKW).


"Sembilan korban ini, rata-rata masih satu family tree dengan para tersangka. Cuma ada dua korban tewas itu merupakan TKW," ujar Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi kepada detikcom, Jumat (20/1/2023).

Namun berdasarkan hasil penelusuran detikJabar, diketahui jika tiga korban lainnya yang merupakan istri Wowon juga merupakan TKW.

Syarif Hidayat, anak dari korban Halimah mengatakan, setelah bercerai dengan Ahal Suparman pada kurun waktu 2003-2004, menjadi single parent selama kurang lebih 10 tahun dan sempat bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) ke Arab Saudi pada 2011 hingga 2013.

"Cerai sama bapak (Ahal Suparman) kalau tidak salah waktu saya baru lulus sekolah (SMP), sekitar tahun 2003 atau 2004 saya lupa. Kemudian pada 2011 ibu sempat kerja di Arab dua tahun," ungkap Syarif saat dihubungi, Sabtu (21/1/2023).

Sama halnya dengan Halimah, anaknya yakni Ai Maimunah yang juga dinikahi Wowon juga merupakan TKW. Ai berangkat menjadi TKW setelah Halimah pulang.

"Iya mantan istri saya Ai Maimunah juga pernah jadi TKW. Berangkat TKW-nya saat masih berumahtangga dengan saya. Dia berangkat jadi TKW ke Oman pada 2013. Bekerja di sana selama dua tahun," ungkap Didin, mantan suami Ai.

Di sisi lain, terungkap juga Wiwin, mantan istri pertama Wowon yang dibunuh dan dikubur bersama sang ibu di samping rumah Solihin juga mantan TKW.

"Betul, tadi dicek dulu ke keluarga. Katanya pernah jadi TKW tahun 2000-an," ujar Kades Pakuhaji, Kecamatan Ngamprah Heni Wartini.

Sementara itu, korban lainnya yakni Riswandi, Ridwan, dan Bayu merupakan anak dari Ai dan Wowon. Sedangkan Noneng ialah ibu mertua dari Wowon.

(mso/mso)