Sosok Duloh 'Serial Killer' Dikenal Mampu Sembuhkan Orang Sakit

Sosok Duloh 'Serial Killer' Dikenal Mampu Sembuhkan Orang Sakit

Ikbal Selamet - detikJabar
Sabtu, 21 Jan 2023 12:17 WIB
Polisi menetapkan 3 tersangka terkait pembunuhan berantai di Bekasi hingga Cianjur.
Foto: Solihin alis Duloh pelaku pembunuhan berantai di Bekasi dan Cianjur (Foto: Dok, Isrimewa)
Cianjur -

Solihin (70) alias Duloh salah seorang pelaku kasus pembunuhan berantai di Cianjur dan Bekasi, Jawa Barat ternyata dikenal warga sebagai ahli supranatural dan pengobatan tradisional. Namun kebanyakan pasiennya berada di luar desa tempat tinggalnya.

Dedi (45) kerabat Solihin, mengatakan warga sekitar Kampung Babakan Mande, Desa Gunungsari, Kecamatan Ciranjang sudah mengenal Solihin sebagai seseorang yang memiliki kemampuan lebih. Kemampuan yang dimaksud ialah dapat menyembuhkan orang sakit, dengan air doa dan metode lainnya.

"Warga di sini tahu kalau Solihin itu memang suka mengobati yang sakit, mulai dari sekedar demam atau penyakit lainnya. Biasanya metodenya dengan air doa dan metode tradisional lainnya," kata dia, Sabtu (21/1/2023).


Menurut dia warga biasanya datang dengan membawa segelas air pada Solihin, kemudian setelah dibacakan doa, air tersebut dibawa pulang dan diberikan pada kelurganya yang sakit.

"Jadi air itu diminumkan. Memang tidak langsung sembuh tapi warga mempercayai jika pengobatannya cukup mujarab. Tapi itu lebih pada kepercayaan masing-masing, karena tidak sedikit yang masih mengutamakan pengobatan tradisinal dibandingkan ke puskesmas atau rumah sakit," kata dia.

Namun, lanjut Dedi, kebanyakan pasien dari Solihin merupakan warga luar daerah. Biasanya Solihin akan dipanggil ke rumah pasiennya.

"Kalau warga di sini jarang, kebanyakan pasiennya dari desa sebelah atau dari luar kota, terutama dari Bekasi tempatnya berjualan. Sering ditanya mau kemana, katanya ada panggilan dari pasien," kata dia.

Selain pengobatan, Solihin juga dikenal dengan ahli spiritual dimana pasiennya meminta keberkahan. "Ya kalau kabarnya juga banyak yang minta keberkahan biar usaha lancar atau mau sukses," kata dia.

Namun untuk kesehariannya, Solihin seringkali berjualan es cream cincau di Bekasi. "Kalau pekerjaan utamanya mah tetap jualan cincau, tapi sampingannya mengobati secara tradisional dan spiritual," ucap dia.

Sementara itu untuk Wowon, Dedi sebatas mengetahui profesinya sebagai dalang atau praktisi kesenian lainnya.

"Katanya dalang, kesenian Sunda lainnya juga, ditambah katanya juga bekerja di pabrik beras. Tidak punya kemampuan seperti Solihin, tapi suka ikut kalau Solihin ada pasien," ungkapnya.

Di sisi lain, Deni Setiawan (40), warga Kampung Babakan Mande, mengatakan untuk Wowon dia mengetahui pribadinya sebagai praktisi seni, tidak hanya dalang tetapi seringkali tampil sebagai penari dengan nuansa komedi.

Sedangkan Solihin memang dikenal juga sering mengobati warga sekitar yang sakit dengan metode tradisional.

"Solihin sering mengobati dengan doa-doa, sedangkan Wowon sering tampil kalau ada acara hajatan atau panggung pertunjukan. Tapi kemana-mana memang berdua," pungkasnya.



Simak Video "Temuan Terkini Kasus Wowon cs 'Serial Killer', Ada Uang Masuk Rp 1 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)