Poligami Liar Sumbang Tingginya Angka Perceraian di Indramayu

Poligami Liar Sumbang Tingginya Angka Perceraian di Indramayu

Sudedi Rasmadi - detikJabar
Sabtu, 21 Jan 2023 02:00 WIB
Ilustrasi perceraian
Ilustrasi perceraian (Foto: iStock)
Indramayu -

Angka perceraian di Kabupaten Indramayu Jawa Barat masih cukup tinggi. Selain alasan ekonomi, perceraian juga disebabkan faktor poligami liar.

Dalam data SIPP Jabar yang dilihat detikJabar, sepanjang tahun 2022, PA Indramayu mengabulkan perkara perceraian sebanyak 7.771 pemohon. Di antaranya dari 5.669 istri yang menggugat cerai suami.

Faktor ekonomi masih mendominasi perkara perceraian tersebut. Namun, ada juga diantara beberapa itu, salah satunya ada 8 perkara perceraian disebabkan poligami liar.


"Bisa dilihat di SIPP ada 13 penyebab perceraian itu mulai dari zinah, mabuk, murtad, judi, meninggalkan pihak lain, penjara, poligami, KDRT, cacat badan, ada kawin paksa. Alasan ekonomi paling besar, nah ada alasan poligami juga ada," kata Humas PA Indramayu, Dindin Syarief Nurwahyudin, Jumat (20/1/2023).

Poligami liar itu bisa disebabkan lantaran yang bersangkutan tidak bisa memenuhi syarat poligami yang sah secara hukum. Sehingga, melakukan jalan pintas dengan cara nikah siri yang kemudian menimbulkan keretakan pada keharmonisan rumah tangga sebelumnya.

"Ketika resmi sulit dilakukan. Ada yang tidak memenuhi syarat tadi akhirnya cari jalan pintas yang melanggar undang-undang mereka nikah lagi secara siri dengan perempuan lain," kata Dindin.

Di tahun 2022, PA Indramayu juga menerima 6 pemohon poligami. Lima perkara diantaranya dikabulkan. Kelima perkara yang dikabulkan itu dianggap telah memenuhi syarat ketentuan. Mulai dari syarat alternatif dan kumulatif.

Syarat alternatif terdiri dari tiga alasan, pertama istri tidak bisa melayani kewajiban, istri punya penyakit atau cacat badan lalu tidak punya anak. Sementara syarat kumulatif nya pertama suami harus sertakan pernyataan perlakuan adil, sanggup menjamin kebutuhan hidup keduanya, dan izin dari istri pertama.

"Yang super dan benar benar bisa memenuhi syarat itu pada tahun 2022 ada 5 permohonan yang dikabulkan poligami," katanya.



Simak Video "Mengenal Seni Bujanggaan di Indramayu"
[Gambas:Video 20detik]
(dir/dir)