Zakat Mal Dikeluarkan untuk Membersihkan Harta Kita, Berapa Persen?

Zakat Mal Dikeluarkan untuk Membersihkan Harta Kita, Berapa Persen?

Cicin Yulianti - detikHikmah
Senin, 19 Des 2022 10:00 WIB
Top view of calculator, prayer beads and coins over black background written with ZAKAT
Ilustrasi zakat mal dan penjelasan lengkapnya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Abu Hanifah
Jakarta -

Zakat adalah salah satu rukun Islam yang harus dilakukan bagi umat Islam yang mampu dalam hal harta atau benda. Adapun zakat benda disebut juga sebagai zakat mal.

Mengutip buku Fikih Madrasah Tsanawiyah karya Ahmad Ahyar dan Ahmad Najibullah, bahwasannya zakat benda berbeda dengan zakat fitrah yang biasa kita keluarkan saat Hari Raya Idul Fitri. Zakat mal ini adalah zakat benda yang harus dikeluarkan karena menyimpan atau mempunyai harta benda yang telah mencukupi syarat ketentuan pengeluaran zakat.

Perintah untuk mengeluarkan zakat mal ini terkandung dalam surat At-Taubah ayat 103 yang berbunyi:

خُذْ مِنْ أَمْوَٰلِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِم بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَوٰتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْ ۗ وَٱللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Khuż min amwālihim ṣadaqatan tuṭahhiruhum wa tuzakkīhim bihā wa ṣalli 'alaihim, inna ṣalātaka sakanul lahum, wallāhu samī'un 'alīm

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Jenis Zakat Mal dan Perhitungannya

Zakat mal memiliki keberagaman benda yang harus dihitung nominal besar zakatnya. Secara umum, besar zakat mal adalah senilai 2,5% jika berdasarkan nisab emas, kecuali untuk hasil peternakan atau pertanian.

Melansir dari halaman Baznas, berikut adalah jenis-jenis zakat mal beserta perhitungannya:

1. Zakat Emas dan Perak

Nisab atau nilai minimal dikeluarkan zakat pada emas adalah 85 gram sedangkan pada perak adalah 595 gram. Besar zakat benda yang harus dikeluarkan adalah 2,5% dengan rumus perhitungan sebagai berikut:

Zakat emas dan perak= 2,5% x jumlah emas/perak yang tersimpan selama satu tahun

2. Zakat Perdagangan

Nilai zakat perdagangan adalah 85 gram emas. Nilai tersebut pun dihitung berdasarkan nilai aset lancar dikurangi hutang jangka pendek. Jika selisih perhitungan tersebut mencapai nisab, maka harus dikeluarkan zakat benda.

Tarif zakat perdagangan adalah 2,5%, dengan perhitungan sebagai berikut:

Zakat perdagangan= 2,5% x (aset lancar - hutang jangka pendek)

3. Zakat Perusahaan

Menurut pendapat mayoritas ulama, besar dari zakat perusahaan bisa disamakan dengan zakat perdagangan yakni sebesar 2,5% dan nisab setara 85 gram emas. Adapun harta perusahaan yang harus dizakatkan adalah berupa harta benda (sarana atau prasarana), harta yang disimpan di bank atau harta dalam bentuk piutang.

Perhitungan zakat perusahaan adalah sebagai berikut:

Zakat perusahaan= 2,5% x (aset lancar - hutang jangka pendek)

4. Zakat Saham

Zakat saham dikeluarkan jika pendapatan dari hasil saham sudah mencapai nisabnya yakni seharga 85 gram emas. Sama seperti yang lainnya, zakat mal saham ini sebesar 2,5%. Adapun perhitungan zakat saham ini adalah sebagai berikut:

Zakat saham= 2,5% x jumlah harta tersimpan selama satu tahun

5. Zakat Penghasilan

Menurut Baznas, standar nisab dari zakat penghasilan ini adalah Rp. 5.240.000 per bulan, dengan besar zakat yakni 2,5%. Perhitungan zakat penghasilan ini adalah sebagai berikut:

Zakat penghasilan= jumlah pendapatan bruto x 2,5%

Hikmah Zakat Mal

Zakat benda disebut juga sebagai zakat mal ini memiliki banyak hikmah jika dilaksanakan. Mengutip buku Bunga Rampai Zakat dan Wakaf oleh Sri Oftaviani dkk, hikmah dari zakat mal adalah sebagai berikut:

1. Wujud Keimanan Kepada Allah SWT

Salah satu bentuk mensyukuri harta benda yang diberikan oleh Allah SWT adalah dengan mengeluarkan zakat mal. Dengan mengeluarkan zakat benda ini, kita bisa menghilangkan sifat kikir, rakus, dan materialistik yang dapat bersarang di hati manusia.

2. Mensejahterakan Fakir Miskin

Dengan mengeluarkan zakat mal ini artinya seseorang sudah memiliki kebaikan untuk menolong saudaranya yang fakir miskin. Bantuan yang berasal dari zakat mal ini dapat membuat kehidupan para fakir miskin menjadi lebih baik.

3. Meningkatkan Keadilan Ekonomi dan Sosial

Masalah ekonomi dan sosial tidak bisa dibantu hanya lewat program dari pemerintah (subsidi). Zakat mal dapat membantu menanggulangi kesenjangan ini jika lebih banyak lagi orang yang sadar bahwa dengan berzakat, maka upaya mengurangi kesenjangan ekonomi dan sosial dapat diselesaikan.



Simak Video "5 Rekomendasi Aplikasi Kalkulator Zakat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)