Keutamaan Sedekah, Amalan Diam-diam Ziyech Pemain Timnas Maroko

Keutamaan Sedekah, Amalan Diam-diam Ziyech Pemain Timnas Maroko

Rahma Harbani - detikHikmah
Rabu, 14 Des 2022 16:45 WIB
DOHA - Hakim Ziyech of Morocco during the FIFA World Cup Qatar 2022 quarterfinal match between Morocco and Portugal at Al Thumama Stadium on December 10, 2022 in Doha, Qatar. ANP KOEN VAN WEEL (Photo by ANP via Getty Images)
Pemain Timnas Maroko, Hakim Ziyech. (Foto: ANP via Getty Images/ANP)
Jakarta - Baru-baru ini, pemain Timnas Maroko Hakim Ziyech dikabarkan melakukan sedekah lewat seluruh gaji dan bonusnya, termasuk di ajang Piala Dunia 2022. Sedekah tersebut disalurkan kepada keluarga miskin di Maroko hingga keluarga dari para staff di timnasnya.

Selain bersedekah untuk keluarga-keluarga miskin, dikutip dari detikSport, Ziyech juga disebut menyumbangkan gajinya selama di timnas ke rumah sakit-rumah sakit untuk pasien yang menderita kanker.

Dikabarkan, sejak masuk di Timnas Maroko tahun 2015, Ziyech sudah tidak pernah mengambil gajinya. Bahkan, bonus untuk partisipasinya di Piala Dunia 2022 nanti akan disumbangkan pula oleh Ziyech. Sedekah yang selama ini dilakukan diam-diam oleh Ziyech akhirnya terungkap juga.

Sedekah sendiri berasal dari bahasa Arab shadaqah yang diambil dari kata sidq (sidiq) dengan makna kebenaran. Menurut peraturan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) No 2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau nonharta yang dikeluarkan seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Adapun keutamaan sedekah sudah banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an dan sabda Rasulullah SAW, salah satunya dalam surah Al Hadid ayat 18. Allah SWT menjanjikan pelipatgandaan balasan bagi mereka yang bersedekah.

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia."

Dalam surat Al Baqarah ayat 254 disebutkan bahwa sedekah merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim."

Disebutkan pula dalam sebuah riwayat hadits Bukhari, salah satu keutamaan sedekah adalah dapat menjaga dari siksa api neraka. Berikut bunyi haditsnya,

عَنْ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اتَّقُوا النَّارَ ثُمَّ أَعْرَضَ وَأَشَاحَ ثُمَّ قَالَ اتَّقُوا النَّارَ ثُمَّ أَعْرَضَ وَأَشَاحَ ثَلَاثًا حَتَّى ظَنَنَّا أَنَّهُ يَنْظُرُ إِلَيْهَا ثُمَّ قَالَ اتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طَيِّبَةٍ

Artinya: "Dari Adi bin Hatim mengatakan, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Jagalah diri kalian dari api neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma." Kemudian beliau berpaling dan menyingkir, kemudian beliau bersabda lagi: "Jagalah diri kalian dari neraka", kemudian beliau berpaling dan menyingkir (tiga kali) hingga kami beranggapan bahwa beliau melihat neraka itu sendiri, selanjutnya beliau bersabda: "Jagalah diri kalian dari neraka sekalipun hanya dengan sebiji kurma, kalaulah tidak bisa, lakukanlah dengan ucapan yang baik."

Mengutip buku Amalan-amalan Saleh yang Paling Dicintai Allah karangan Abdillah F. Hasan, sedekah juga dapat diberikan kepada orang miskin atau kerabat. Meski demikian, Rasulullah SAW dalam haditsnya mengatakan, derajat bersedekah untuk kerabat lebih utama (HR An-Nasa'i, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Simak Video "Maroko Kalah, Suporter Bentrok dengan Polisi di Belgia"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)