7 Manfaat Sedekah, Memperpanjang Umur hingga Membersihkan Harta

7 Manfaat Sedekah, Memperpanjang Umur hingga Membersihkan Harta

Devi Setya - detikHikmah
Senin, 07 Nov 2022 17:30 WIB
sedekah
Ilustrasi orang yang bersedekah Foto: Getty Images/iStockphoto/Heru Anggara
Jakarta - Sedekah merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan umat muslim. Dengan sedekah, ada sederet manfaat yang bisa didapatkan. Allah SWT juga menjanjikan pahala besar bagi yang menjalankan sedekah.

Sedekah disebutkan dalam beberapa ayat Al-Quran sebagai gambaran ungkapan rasa syukur. Balasan untuk orang-orang yang bersedekah dengan mengharap ridho Allah SWT juga dijabarkan dalam Al-Quran.

Dalam surat Al Baqarah ayat 254 disebutkan bahwa sedekah merupakan bagian dari ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū anfiqụ mimmā razaqnākum ming qabli ay ya`tiya yaumul lā bai'un fīhi wa lā khullatuw wa lā syafā'ah, wal-kāfirụna humuẓ-ẓālimụn

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim."

Balasan untuk orang beriman yang melakukan sedekah, dijelaskan pula dalam Al-Quran. Allah SWT menjamin nikmat yang berlipat ganda bagi orang-orang yang melakukan sedekah. Sebagaimana tercatat dalam surat Al Baqarah ayat 261:


مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَا بِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَا للّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَآءُ ۗ وَا للّٰهُ وَا سِعٌ عَلِيْمٌ

Arab-Latin: Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab'a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā'ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi'un 'alīm

Artinya: "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Mahamengetahui."

Manfaat Sedekah

Dikutip dari buku Mukjizat Sedekah Lipat Ganda Sampai 700 Kali oleh Aleeya Syaquila Al-Fathunnisa, berikut manfaat yang bisa didapatkan dengan bersedekah.

1. Memperpanjang Umur

Sedekah merupakan amalan yang bisa dilakukan dengan balasan umur panjang. Dikisahkan pada masa Nabi Ibrahim, seorang pemuda yang juga sahabat dan murid Nabi Ibrahim menyampaikan kabar tentang pernikahannya yang akan berlangsug esok hari.

Kemudian datanglah Malaikat Izrail yang mengabarkan bahwa pemuda tersebut akan menerima ajalnya esok hari. Mendengar kabar ini, Nabi Ibrahim tidak memberi tahu sang pemuda agar kematian tetaplah menjadi rahasia Allah SWT.

Sampai keesokan harinya, pemuda tersebut masih tetap hidup dan melangsungkan pernikahannya. Pemuda ini bahkan tetap hidup bertahun-tahun lamanya. Sampai Nabi Ibrahim bertanya kepada Malaikat Izrail tentang usia sang pemuda.

Ternyata pada malam sebelum pernikahannya, pemuda ini menyedekahkan separuh dari hartanya. Hal ini membuat Allah SWT memanjangkan usia sang pemuda hingga 70 tahun.

2. Melindungi dari Bencana

Allah SWT akan melindungi orang-orang yang gemar sedekah, termasuk menjaga dari bencana. Rasulullah SAW bersabda:

"Jika aku perintahkan kalian sesuatu,maka lakukanlah sebagian dari sesuatu itu semampu kalian. Akan tetapi, jika aku melarang kalian dari sesuatu, maka tinggalkanlah sesuatu itu seluruhnya. Dalam hadits Qudsi, Allah SWT berfirman 'Wahai anak Adam, kosongkanlah gudangmu untuk memenuhi sesuatu yang ada di sisi-Ku.Kamu akan selamat dari kebakaran, kebanjiran, pencurian dan kejahatan. Itu semua lebih kamu butuhkan,'" (HR. Thabrani dan Baihaqi)

3. Cara Berbagi Kebahagiaan

Sedekah juga bisa menjadi cara untuk berbagi kebahagiaan. Dengan sedekah, kita sudah berbagi dengan orang yang kurang mampu.

Dengan berbagi sedekah, tak ada batas yang memisahkan antara si kaya dan si miskin. Sedekah merupakan jembatan antar umat muslim untuk mempererat tali persaudaraan.

4. Melembutkan Hati

Dengan melakukan sedekah, seseorang telah melatih dirinya untuk bersikap empati. Dengan merasakan penderitaan orang lain, akan muncul rasa peduli. Hal inilah yang membuat hati menjadi lembut.

Rasulullah SAW bersabda:

"Jika kamu ingin melembutkan hatimu, berilah makan fakir miskin dan belailah kepala anak yatim." (HR. Ahmad)

5. Didoakan Malaikat

Manfaat lain dari sedekah adalah kesempatan didoakan oleh malaikat. Malaikat akan berdoa untuk orang-orang yang gemar bersedekah. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

"Tidaklah datang satu hari pun bagi seorang hamba, melainkan akan turun dua malaikat. Salah satu dari amlaikat itu berkata 'Ya Allah, berilah balasan yanng baik bagi orang yang bersedekah'. Dan malaikat yang satu lagi akan berkata, 'Ya Allah, berilah kemusnahan atas orang yang menahan hartanya.'" (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Pahala Berlimpah

Allah SWT menjanjikan pahala berlimpah bagi umatnya yang sedekah. Hal ini dijabarkan dalam surat Al Hadid ayat 18:

إِنَّ ٱلْمُصَّدِّقِينَ وَٱلْمُصَّدِّقَٰتِ وَأَقْرَضُوا۟ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

Arab-Latin: Innal-muṣṣaddiqīna wal-muṣṣaddiqāti wa aqraḍullāha qarḍan ḥasanay yuḍā'afu lahum wa lahum ajrung karīm

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.

7. Membersihkan Harta

Dengan sedekah, kita bisa membersihkan harta dan terlindungi dari harta haram. Rasulullah SAW bersabda:

"Hai para pedagang, sesungguhnya perniagaan ini sering kali diiringi dengan perbuatan sia-sia dan sumpah. Oleh karena itu, bersihkanlah harta dengan sedekah." (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Nasa'i)



Simak Video "Melihat Ritual Sedekah Laut Larung Kambing Kendit"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/erd)