Tentang Ibnu Sabil, Salah Satu Kelompok yang Berhak Menerima Zakat

Tentang Ibnu Sabil, Salah Satu Kelompok yang Berhak Menerima Zakat

Kristina - detikHikmah
Senin, 03 Okt 2022 14:56 WIB
Ilustrasi unta
Ilustrasi ibnu sabil, salah satu kelompok yang berhak menerima zakat. Foto: (Thinkstock)
Jakarta - Salah satu golongan yang berhak menerima zakat adalah ibnu sabil. Kelompok ini terdiri dari beberapa kategori.

Allah SWT berfirman,

۞ اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعٰمِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغٰرِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ ٦٠

Artinya: "Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, para amil zakat, orang-orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) para hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan (yang memerlukan pertolongan), sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana." (QS At Taubah: 60)

Apa yang Dimaksud Ibnu Sabil?

Ibnu sabil adalah orang yang menempuh perjalanan jauh. Istilah tersebut terdiri dari dua kata, yaitu ibnu yang artinya anak laki-laki dan sabil yang artinya jalan.

Mengutip buku Seputar Fi Sabilillah dan Seputar Ibnu Sabil karya Abdul Bakir, para ulama mendefinisikan ibnu sabil sebagai orang yang terputus dari hartanya, baik di luar negerinya maupun di dalam negerinya atau melewatinya.

Sederhananya, ibnu sabil bisa diartikan sebagai orang yang kehabisan bekal perjalanan, khususnya harta dan tidak mampu untuk meneruskan perjalanannya atau kembali ke rumahnya.

Orang yang Termasuk Kategori Ibnu Sabil

Syaikh Ahmad Jad mengatakan dalam Shahih Fiqh As-Sunnah li An-Nisaa', yang termasuk dalam kategori ibnu sabil adalah orang-orang yang dipaksa untuk meninggalkan daerahnya serta berpisah dengan harta benda yang dimilikinya karena perang atau dijajah atau adanya orang zalim yang membuat mereka tidak bisa menguasai hartanya.

Selain itu, orang yang ingin bepergian namun tidak memiliki ongkos, seperti pencari ilmu yang cerdas, pengrajin yang mahir, seniman yang mumpuni, dan orang-orang yang ingin pergi untuk aktivitas yang bermanfaat lainnya, juga termasuk dalam kategori ibnu sabil.

Syaikh Ahmad Jad juga menyebut, kelompok ibnu sabil juga terdiri dari para peminta yang tidak memiliki tempat tinggal dan tempat bernaung serta yang mencari penghidupan di jalan-jalan dan lorong-lorong jalan sebagai tempat tinggal mereka.

Sebagian ulama menuturkan, anak pungutan juga dimasukkan dalam kategori ibnu sabil.

Ibnu Sabil Berhak Menerima Zakat

Ibnu sabil termasuk salah satu golongan yang berhak menerima zakat. Para ulama sepakat bahwa apabila ada orang yang hartanya pas-pasan, lalu dia kehabisan bekal dalam perjalanannya, maka dia termasuk orang yang berhak menerima zakat.

Menurut ulama mazhab Syafi'iyah, orang dalam kondisi tersebut tetap berhak menerima zakat sekalipun ia adalah orang yang kaya di tempat tinggalnya. Mazhab ini berpendapat, meskipun dia kaya di tempat tinggalnya, tetapi pada saat kehabisan bekal dia tidak bisa disebut kaya. Sehingga, tetap butuh pertolongan.

Adapun, syarat ibnu sabil yang boleh menerima zakat antara lain:

1. Perjalanannya bukanlah untuk kemaksiatan, melainkan perjalanan untuk ketaatan. Seperti haji, jihad, mencari ilmu yang bermanfaat, berziarah yang disunnahkan, dan sebagainya. Selain itu, orang yang bepergian karena ada kebutuhan duniawi, seperti berdagang juga termasuk di dalamnya.

2. Orang yang bersangkutan sangat membutuhkan biaya untuk pulang ke daerah asalnya.

3. Pada saat seperti itu tidak ada orang lain yang menghutanginya (apabila ia memiliki harta di tempat tinggal asalnya dan mampu membayarnya).

Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan mengatakan dalam Ringkasan Fikih Lengkap, apabila penyebab yang membuat ibnu sabil berhak menerima zakat telah hilang, maka kepemilikan akan zakatnya juga akan hilang.

Simak Video "Cerita Keluarga Soal Awal Mula Joko Kendil Berkelana"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)