6 Sifat yang Harus Dihindari agar Menjadi Istri Shalihah

6 Sifat yang Harus Dihindari agar Menjadi Istri Shalihah

Devi Setya - detikHikmah
Sabtu, 19 Nov 2022 11:30 WIB
Muslim concept. Young muslim woman writing notebook paper, relaxing and enjoying her book.
Ilustrasi istri shalihah yang menghindari sifat buruk Foto: iStock
Jakarta - Ada beberapa sifat buruk yang harus dihindari para istri dalam menjalani rumah tangga. Hubungan suami istri yang harmonis berlandaskan ajaran Islam akan mendapatkan berkah dan limpahan nikmat dari Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an, Allah SWT banyak menurunkan ayat tentang hubungan suami istri. Para istri yang shalihah akan mendapat penjagaan Allah SWT di dunia maupun di akhirat. Sebagaimana termaktub dalam surat An Nisa ayat 34

فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ

Arab-latin: faṣ-ṣāliḥātu qānitātun ḥāfiẓātul lil-gaibi bimā ḥafiẓallāh

Artinya: "Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)."

Berdasarkan riwayat, Rasulullah SAW juga banyak mengeluarkan ajaran tentang istri yang shalihah.

Dari Abdullah bin 'Amr bin Al-'Ash ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita salehah." (HR. Muslim, no. 1467)

Kemudian dalam hadits serupa, Rasulullah SAW bersabda kepada Umar bin Al-Khaththab:

"Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik simpanan seorang lelaki, yaitu istri salehah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya." (HR. Abu Daud, no. 1664. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini dhaif).

Rasulullah SAW juga mengatakan istri yang shalihah termasuk golongan wanita terbaik.

Dari Abu Hurairah ra, dia berkata:

"Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, "Siapakah wanita yang paling baik?" Jawab beliau, "Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci" (HR. An-Nasai no. 3231 dan Ahmad 2: 251. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih)

Sifat Buruk yang Harus Dihindari Istri

Dikutip dari buku Tips Melayani Suami Tercinta Layaknya Istri Nabi oleh Nor Fadilah disebutkan bahwa salah satu ciri istri shalihah adalah wanita yang tak pernah memasang wajah masam di depan suaminya.

Berikut sifat buruk yang harus dihindari jika ingin menjadi istri shalihah:

1. Al ananah (banyak keluh kesah)

Sifat ini ditujukan pada istri yang selalu merasa tidak cukup. Nafkah dari suami dipandang remeh, bahkan tidak dihargai sama sekali.

Keluh kesah yang disampaikan kepada sang suami ini terkadang dilakukan secara berulang sehingga membuat tersinggung. Padahal sebaiknya seorang istri harus mensyukuri nafkah yang diberikan suami, dengan demikian suami pun menjadi ridho dan lebih semangat mencari rezeki.

2. Al mananah (suka mengungkit)

Dalam kehidupan rumah tangga, kadang kala suami melakukan kekhilafan yang tidak disengaja. Kesalahan inilah yang kerap diungkit terus menerus oleh istri. Sifat ini dapat mengundang datangnya azab Allah SWT.

3. Al-hunanah (suka kepada laki-laki lain)

Istri yang di hadapan suami, istri sering membicarakan laki-laki lain yang menurutnya sangat baik dan sempurna. Padahal, ketika membicarakan laki-laki lain, hati suami pastilah tersakiti.

4. Al-hudaqah (suka memaksa)

Sifat ini jauh dari akhlak yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Inilah sifat seorang istri yang suka memaksa, yaitu dengan semena-mena menekan suami guna
memenuhi sesuatu yang diinginkannya.

5. Al-hulaqah (lupa kewajiban sebagai istri)

Seorang istri memang harus tampil cantik di hadapan sang suami. Tapi bukan berarti sepanjang hari hanya sibuk bersolek dan lupa akan kewajiban sebagai istri.

6. As-salaqah (banyak berbicara)

Allah SWT menganjurkan setiap umatnya untuk menjaga lisan. Oleh karenanya sebagai istri harus pandai menjaga ucapan. Hindari perbuatan banyak bicara, menggunjing atau bergosip.

Meskipun dilakukan tanpa sengaja, banyak wanita yang melakukan ghibah saat berkumpul dengan rekannya. Usahakan untuk berkumpul dengan orang-orang yang sholeh agar mendapatkan ilmu dan kegiatan bermanfaat.

Sebagai seorang istri, hendaknya selalu patuh dan taat kepada suami. Dengan demikian rumah tangga akan diberkahi Allah SWT di dunia dan akhirat.

Simak Video "Istri Anwar Ibrahim Gembira Bisa Kunjungi Masjid Istiqlal"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)