Hukum Wanita Haid Membaca Al-Qur'an, Boleh Ngga Ya?

Hukum Wanita Haid Membaca Al-Qur'an, Boleh Ngga Ya?

Rahma Harbani - detikHikmah
Rabu, 16 Nov 2022 15:45 WIB
Muslim young woman reading Koran. Horizontal composition.
Ilustrasi. Ini hukum bagi wanita haid membaca Al-Qur'an. (Foto: Getty Images/Alihan Usullu)
Jakarta - Berdasarkan aturan syariat, wanita haid dilarang untuk melaksanakan sholat hingga puasa. Bagaimana dengan kegiatan membaca Al-Qur'an bagi wanita haid?

Menurut buku Fiqih Kontroversi Jilid 2: Beribadah antara Sunnah dan Bid'ah karangan HM Anshary, ada kebolehan dalam hukum wanita haid membaca Al-Qur'an. Keterangan ini didasarkan dari salah satu riwayat hadits shahih dari sabda Rasulullah SAW kepada istrinya Aisyah RA.

افْعَلِيْ مَا يَفْعَلُ الحَاجُّ غَيْرَ أَنْ لاَ تَطُوْفِيْ بِالبَيْتِ حَتَّي تَطْهُرِي

Artinya: Dari Aisyah RA, ia berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Bila kamu mendapat haid, lakukan semua praktek ibadah haji, kecuali bertawaf di sekeliling kakbah hingga kamu suci," (Muttafaq 'alaihi).

Anshary menafsirkan, membaca Al-Qur'an bagi wanita haid dibolehkan sebab hal itu termasuk dalam amalan yang paling utama saat menunaikan ibadah haji.

"Seandainya haram baginya dan wanita muslimah membaca Al-Qur'an dalam keadaan haid, tentunya Rasulullah SAW akan menjelaskannya sebagaimana beliau menerangkan hukum sholat ketika haid," tulis Anshary dalam bukunya.

Pendapat di atas didukung pula oleh mendiang Ulama Syekh Ali Jaber. Pasalnya, menurut beliau, perkara yang selama ini diperdebatkan adalah kebolehan menyentuh mushaf Al-Qur'an bagi wanita haid bukan perkara membacanya.

"Banyak yang diartikan (tidak boleh) menyentuh (Al-Qur'an), seolah-olah tidak boleh baca. Itu beda, itu ada dua hukum. Bagaimana hukum menyentuh, bagaimana hukum membaca. Itu ada dua persoalan fiqih, bukan satu persoalan," katanya dalam unggahan video dakwah melalui channel YouTube resmi Syekh Ali Jaber, dikutip dari arsip detikcom.

Syekh Ali Jaber menegaskan, tidak ada dalil pula yang menyebutkan larangan untuk membaca Al-Qur'an bagi wanita haid.

"Wanita yang rutin dan rajin membaca Al Quran setiap hari sampai tiba-tiba kedatangan halangan (haid), hingga tidak bisa salat, tidak ada larangan (bagi wanita haid) untuk membaca Al Quran. (Larangan) yang ada, jangan menyentuh Al Quran," terang dia.

Lebih lanjut, Syekh Ali Jaber menyebutkan solusi yang dapat diterapkan bagi wanita haid yang hendak membaca Al-Qur'an. Berdasarkan penuturannya, mushaf Al-Qur'an dapat digantikan dengan Al-Qur'an digital dalam smartphone.

Hal ini pun sekaligus dapat menjawab pertanyaan mengenai hukum membaca Al Quran melalui smartphone bagi wanita haid.

"Kalau tidak boleh menyentuh, alhamdulillah sekarang sudah ada smartphone yang isinya Al-Qur'an. Ada alat-alat yang canggih yang sudah ada Al-Qur'an. Silakan pegang smartphone-nya dan baca Al-Qur'an karena ada di situ, bukan (artinya) megang Al-Qur'an," ungkap Syekh Ali Jaber.

Di samping itu, Syekh Ali Jaber juga menyebutkan ada kebolehan penggunaan Al-Qur'an terjemahan, buku tafsir, hingga pelapis sarung tangan bagi wanita haid. Sebab, katanya, tangan tidak dapat bersentuhan langsung dengan kitab suci Al-Qur'an tersebut.

"Lebih nyaman lagi pakai sarung tangan, supaya tidak menyentuh Al Quran langsung. Alhamdulillah ada solusi," tutur dia.

Namun, Syekh Ali Jaber menggarisbawahi, ketentuan di atas hanya berlaku bagi wanita haid yang memang memiliki kebiasaan atau kegiatan rutin membaca Al-Qur'an. Seperti, kelompok wanita yang memiliki hafalan Al-Qur'an atau pun seorang wanita yang mengajarkan Al-Qur'an untuk anak-anak.

"(Wanita) yang dimaksudkan dibolehkan adalah orang yang memang kebiasaan rutin. Apalagi ada di antara ibu-ibu yang tengah menghafal (Al-Qur'an). Kalau kita tinggalkan selama halangan, ya bisa hilang semua hafalannya," terang Syekh Ali Jaber.

"Atau seorang ibu yang memang mengajar anak-anak tentang Al-Qur'an di kampungnya atau di rumah. Ketika dia lagi halangan, siapa yang mengurus anak-anak?" tandasnya.

Simak Video "Massa Aksi Bela Al-Qur'an Ancam Demo Tiap Jumat, Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)