Cara Memilih Jodoh yang Baik Menurut Islam, Jomblo Wajib Simak!

Cara Memilih Jodoh yang Baik Menurut Islam, Jomblo Wajib Simak!

Christavianca Lintang - detikHikmah
Selasa, 15 Nov 2022 19:00 WIB
Ilustrasi menikah pernikahan pengantin
Ilustrasi memilih jodoh (Foto: Getty Images/iStockphoto/Kostyazar)
Jakarta - Memilih jodoh tak hanya dilihat dari parasnya, akan tetapi yang terpenting adalah akhlak dan agamanya. Bagaimana cara memilih jodoh yang baik dalam Islam?

Melansir pada buku Hukum Keluarga Islam di Indonesia oleh Ansary, S.Sy., M.H., Jodoh dalam Islam adalah sebuah cerminan diri, jika seseorang tersebut baik, insyaallah akan mendapatkan jodoh yang baik pula, berlaku sebaliknya. Allah selalu memberikan yang terbaik untuk hamba-Nya, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat An-Nur ayat 3 yang berbunyi:

ٱلزَّانِى لَا يَنكِحُ إِلَّا زَانِيَةً أَوْ مُشْرِكَةً وَٱلزَّانِيَةُ لَا يَنكِحُهَآ إِلَّا زَانٍ أَوْ مُشْرِكٌ ۚ وَحُرِّمَ ذَٰلِكَ عَلَى ٱلْمُؤْمِنِينَ

Artinya: "Laki-laki yang berzina tidak mengawini melainkan perempuan yang berzina, atau perempuan musyrik; dan perempuan yang berzina tidak dikawini melainkan oleh laki-laki yang berzina atau laki-laki musyrik, dan yang demikian itu diharamkan atas orang-orang yang mukmin." (QS. An-Nur: 3)

Dalam firman Allah tersebut dijelaskan bahwa Allah memberikan jodoh berdasarkan akhlak dari hamba-Nya. Maka dari itu, senantiasa terdapat nasihat bahwa seseorang hendak memperbaiki dirinya dengan menjalankan perintah Allah serta menjauhi segala larangan-Nya agar kelak mendapat jodoh yang baik pula.

Allah juga menciptakan hamba-Nya dengan berpasang-pasangan. Sesuai dengan firman Allah dalam Suran An-Najm ayat 45 yang berbunyi:

وَأَنَّهُ خَلَقَ الزَّوْجَيْنِ الذَّكَرَ وَالْأُنْثَىٰ

Artinya: "Dan bahwasanya Dia-lah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita." (An-Najm: 45)

Lantas, Bagaimana Cara Memilih Pasangan yang Baik menurut Islam?

Cara Memilih Jodoh yang Baik Menurut Islam

Masih dalam buku Hukum Keluarga Islam di Indonesia, berikut cara mencari jodoh menurut islam yakni:

1. Kebaikan dalam Beragama

Kebaikan dalam menguasai agama menjadi yang utama dalam mencari pasangan hidup. Kesungguhan dan konsistensi seseorang dalam beragama dijelaskan oleh Rasulullah SAW yang bersabda,

"Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Wanita itu dinikahi kerena empat hal: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Maka perhatikanlah agamanya, kamu akan selamat."" (HR. Bukhari Muslim).

2. Untuk Wanita, Calon Suami yang Baik adalah yang Mampu Memberikan Nafkah

Salah satu kriteria penting dalam memilih calon suami bagi wanita adalah mampu memberikan nafkah, sebab nafkah merupakan kewajiban seorang suami. Rasulullah SAW bersabda,

"Telah menceritakan kepada Kami (Muhammad bin Katsir), telah mengabarkan kepada Kami (Sufyan), telah menceritakan kepada Kami (Abu Ishaq) dari (Wahb bin Jabir Al-Khaiwaini) dari (Abdullah bin 'Amr), ia berkata; "Rasulullah SAW bersabda, "Cukuplah dosa bagi seseorang dengan ia menyia-nyiakan orang yang ia tanggung."" (HR. Abu Dawud: 1442)

3. Untuk Pria, Hendaklah Mencari Calon Istri yang Bersedia Taat kepada Suami

Taat kepada suami merupakan kewajiban seorang istri. Hal tersebut dijelaskan dalam Surat An-Nisa ayat 34 yang berbunyi,

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ ۚ فَالصَّالِحَاتُ قَانِتَاتٌ حَافِظَاتٌ لِلْغَيْببِ بِمَا حَفِظَ اللَّهُ ۚ وَاللَّاتِي تَخَافُونَ نُشُوزَهُنَّ فَعِظُوهُنَّ وَاهْجُرُوهُنَّ فِي الْمَضَاجِعِ وَاضْرِبُوهُنَّ ۖ فَإِنْ أَطَعْنَكُمْ فَلَا تَبْغُوا عَلَيْهِنَّ سَبِيلًا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيًّا كَبِيرًا

Artinya: "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar." (An-Nisa: 34)

4. Untuk Pria, Hendaklah Mencari Calon Istri yang Mampu Menjaga Aurat

Berbusana muslim dengan menutup aurat secara syar'i adalah kewajiban bagi setiap wanita. Sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 59 yang berbunyi,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّبِىُّ قُل لِّأَزْوَٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ ٱلْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلَٰبِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰٓ أَن يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ ٱللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

Artinya: "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Qs. Al-Ahzab: 59)

Demikianlah cara memilih jodoh yang tepat menurut Islam. Semoga https://www.detik.com//hikmah/muslimah/d-6407967/cara-memilih-jodoh-yang-baik-menurut-islam-jomblo-wajib-simak ini dapat menambah keimanan kita ya detikers.

Simak Video "Siap Cari Pasangan, Ini Kriteria Pria Idaman Olla Ramlan"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)