Doa Hari Pertama Haid bagi Muslimah, Semoga Jadi Pereda Nyeri

Doa Hari Pertama Haid bagi Muslimah, Semoga Jadi Pereda Nyeri

Rahma Harbani - detikHikmah
Kamis, 03 Nov 2022 19:30 WIB
Asian Muslim young woman in black traditional hijab praying with Islamic beads in mosque.
Ilustrasi. Bagaimana bacaan doa hari pertama haid untuk wanita? (Foto: Getty Images/iStockphoto/trumzz)
Jakarta - Berdasarkan syariat, wanita haid tidak dibolehkan menunaikan sholat maupun membaca Al-Qur'an. Meski demikian, wanita haid bisa mengalihkannya dengan memperbanyak bacaan doa, termasuk bacaan doa hari pertama haid.

Arti haid sendiri secara istilah syar'i adalah keluarnya darah secara alamiah pada kaum wanita, bukan dikarenakan suatu sebab, dan terjadi pada waktu tertentu. Dengan kata lain, haid adalah kondisi yang menunjukkan kenormalan organ reproduksi seorang wanita.

Kondisi haid menyebabkan tubuh seorang perempuan menjadi lebih lemah dibandingkan dengan keadaan normal. Tidak sedikit pula ditemukan kasus bahwa perempuan mengalami sakit perut atau merasakan nyeri haid.

Meski demikian, haid adalah salah satu bentuk nikmat dari Allah SWT. Aisyah RA pernah berkata dalam Durratun Nasihin fil wa'zi wal Israr oleh Osman Kubuwi, haid seorang wanita merupakan kifarat atau tebusan untuk dosa-dosanya yang telah lalu.

"Tidak ada seorang perempuan pun yang kedatangan haid, melainkan haidnya itu menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu daripada segala dosa-dosanya," demikian keterangan dari buku tersebut.

Disebutkan pula oleh Aisyah RA, ada bacaan doa hari pertama haid yang dapat menjadi penolong dari api neraka, penyebab kemudahan melewati titian shiratal mustaqim, dan penyebab ditinggikannya derajat oleh Allah SWT. Berikut bacaan doanya.

Doa Hari Pertama Haid dalam Arab, Latin, dan Artinya

الْحَمْدُللهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ

Bacaan latin: Alhamdulillah ala kulli halin wa astaghfurullaha min kulli dzanbin

Artinya: "Segala puji bagi Allah atas segala perkara, dan aku memohon ampun kepada-Mu atas segenap dosa."

Di samping itu, Aisyah RA juga menyebut, wanita haid yang senantiasa berzikir kepada Allah SWT akan memperoleh pahala seperti pahalanya empat puluh orang mati syahid.

"Ia mendapatkan pahala di setiap hari dan malamnya, seperti pahala empat puluh orang mati syahid, manakala ia berzikir kepada Allah SWT di dalam masa haidnya," bunyi keterangan dari Aisyah RA.

Menurut buku Keutamaan Doa & Dzikir karangan M. Khalilurrahman Al Mahfani, ada salah satu doa yang dapat dibaca muslim ketika hari pertama haid untuk meredakan rasa nyeri. Berikut bacaan doanya,

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Bacaan latin: Allahumma adzhibil ba'sa rabban naasi wasyfi fantasy syaafii laa syiffaa 'an syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama

Artinya: "Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit dan sembuhkanlah. Engkau adalah Pemberi kesembuhan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit." (HR Bukhari).



Simak Video "Doa di Nusa Dua, Luhut Harap Rusia-Ukraina Damai Saat G20"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Doa-doa Harian

Doa-doa Harian

24 konten
Dalam menjalankan segala aktifitas, sebagai umat muslim kita senantiasa harus berdoa. Mulai dari doa bangun tidur, belajar hingga makan. Yuk, lihat beberapa doa-doa harian di sini.