Cara Sholat Tobat untuk Perempuan: Bacaan Niat hingga Doa

Cara Sholat Tobat untuk Perempuan: Bacaan Niat hingga Doa

Awalia Ramadhani - detikHikmah
Jumat, 21 Okt 2022 15:24 WIB
side of asian young beautiful muslim woman pray with beads and read quran sit on carpet mat with meditation in mosque.
Ilustrasi sholat tobat untuk perempuan. (Getty Images/iStockphoto/mkitina4)
Jakarta - Sholat tobat adalah sholat sunnah yang dilakukan dua rakaat ketika salah seorang hamba menyadari kesalahan dan dosanya, sebagaimana dikutip dari buku Fikih Wanita Praktis karya Dr. Darwis Abu Ubaidah, MA.

Sebagai hamba, termasuk kaum muslimah, kita pasti pernah melakukan dosa. Adapun obat dari semua dosa dan kesalahan yang telah diperbuat adalah dengan bertobat kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surah An-Nur ayat 31:

وَتُوبُوٓا۟ إِلَى ٱللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ ٱلْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ...

Artinya: "... Bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung."

Mengutip buku Taubat dan Sholat oleh Imam Nawawi yang diterjemahkan oleh Abu Khodijah Ibnu Abdurrohim, Imam Nawawi mengatakan bahwa menurut jumhur ulama, bertobat dari setiap dosa yang dilakukan itu wajib.

Apabila dosa yang menyangkut hubungan langsung dengan Allah, ada 3 syarat dalam bertobat. Ketiganya yakni, menghentikan perbuatan dosa, menyesalinya, dan bertekad untuk tidak mengulangnya.

Selain itu, salah satu cara bertobat adalah dengan melaksanakan sholat tobat. Berikut adalah cara sholat tobat untuk perempuan, yang dikutip dari buku Tuntunan Lengkap Sholat untuk Wanita oleh Raras Huraerah:

Cara Sholat Tobat untuk Perempuan

1. Membaca Niat

Pada dasarnya, sholat tobat sama seperti sholat fardhu lain baik bacaannya maupun gerakannya (mulai dari takbiratul ihram sampai salam). Adapun bacaan niat sholat tobat adalah:

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Ushallii sunnatat-taubati rak'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar.

Artinya: "Saya niat sholat sunnah taubat dua raka'at karena Allah Ta'ala. Allaahu akbar."

2. Dikerjakan sendiri atau perorangan saja

3. Waktu sholat tobat bisa kapan saja, namun lebih baik dikerjakan pada malam hari

4. Jumlah rakaat paling sedikit dua rakaat, dan paling banyak enam rakaat. Dan dalam setiap rakaat satu salam, seperti yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW

5. Setelah mengerjakan sholat taubat, dilanjutkan dengan membaca istigfar berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْم الَّذِي لَا إِلهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Bacaan latin: Astaghfirullaahal'adziim, alladzii laa ilaaha illa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaiih

Artinya: "Saya mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan melainkan hanya Dia Yang Maha Hidup lagi Berdiri Sendiri. Aku bertaubat kepada Nya."

Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa seusai sholat tobat di bawah ini:

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Bacaan latin: Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana'abduka wa ana'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: "Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat."

Demikianlah tata cara sholat tobat untuk perempuan disertai dengan lafal niat dan doanya yang bisa dipraktikkan. Semoga mudah dipahami ya, detikers!



Simak Video "Massa Aksi Bela Al-Qur'an Ancam Demo Tiap Jumat, Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)