Ucapan Terima Kasih dalam Islam dan Balasannya

Ucapan Terima Kasih dalam Islam dan Balasannya

Rahma Harbani - detikHikmah
Selasa, 04 Okt 2022 05:31 WIB
Infografis kesempurnaan Puasa
Ilustrasi ucapan terimakasiah dalam Islam (Foto: Andhika A/detikcom)
Jakarta - Islam identik dengan bahasa dan huruf Arab seperti yang digunakan dalam Al-Qur'an maupun bacaan doa. Tidak terkecuali dengan ucapan terima kasih dalam Islam yang erat hubungannya dengan kata terima kasih dalam bahasa Arab.

Ucapan terima kasih sendiri sejatinya adalah bentuk syukur pada Allah SWT atas kebaikan yang dikirim lewat orang lain. Dalam haditsnya, Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai keutamaan mensyukuri nikmat dari Allah SWT sekalipun dalam jumlah sedikit.

مَنْ لَمْ يَشْكُرِ الْقَلِيلَ لَمْ يَشْكُرِ الْكَثِيرَ

Artinya: "Barang siapa yang tidak mensyukuri sesuatu yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." (HR Ahmad).

Ucapan Terima Kasih dalam Islam dan Balasannya

Salah satu ucapan terima kasih yang populer adalah jazakallahu khairan:

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

Bacaan latin: Jazakallahu khairan

Artinya: "Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan,"

Dasar penggunaan jazakallahu khairan sendiri sebetulnya berasal dari salah satu keterangan hadits yang dikisahkan dari Usamah bin Zaid RA. Ia mengutip perkataan Rasulullah SAW yang bersabda,

من صُنِعَ إليه مَعْرُوفٌ فقال لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ الله خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ في الثَّنَاءِ

Artinya: "Barangsiapa yang diperlakukan baik, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, 'Jazakallahu khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)' maka sungguh ia telah sangat menyanjungmu." (HR Tirmidzi).

Jazakallahu khairan juga dimaknai Imam Mushonnaf Ibnu Syaibah dalam buku Rahasia Dahsyat di Balik Kata Syukur sebagai doa agar kebaikan yang diterima seseorang dapat mendapat balasan setimpal dari Allah SWT.

Namun, tidak hanya istilah jazakallahu khairan yang digunakan sebagai ucapan terima kasih dalam Islam. Ada beragam cara mengucapkan terima kasih dalam bahasa Arab yang dikutip dari buku Kuasai Percakapan Bahasa Arab karya Shofia T Indarti.

Ucapan Terima Kasih dalam Islam

1. Syukran waafiran

Artinya: Terima kasih banyak.

2. Syukran katsiiran

Artinya: Terima kasih banyak.

3. Syukran jaziilan

Artinya: Terima kasih banyak.

4. Syukran 'alaa kulli syai'in

Artinya: Terima kasih atas segalanya.

5. Syukran 'alaa musaa'adatika

Artinya: Terima kasih atas bantuannya.

Balasan untuk Ucapan Terima Kasih dalam Islam

Melansir arsip pemberitaan detikcom, balasan untuk ucapan terima kasih dalam Islam tidak pernah dijelaskan dalam riwayat hadits manapun. Namun, sejumlah ulama menganjurkan untuk menjawabnya dengan ungkapan berikut:

وجزاكم الله خيرا

Bacaan latin: Wajazakallahu khairan

Artinya: "Dan semoga Allah membalas juga dengan kebaikan."

Di samping itu, balasan ucapan terima kasih dalam Islam juga bisa dijawab dengan beberapa istilah yang disesuaikan dengan gender lawan bicara. Ketiga balasan di bawah ini sama-sama mengandung arti dan kepadamu atau kalian juga.

1. Waiyyaka, balasan untuk laki-laki

2. Waiyyaki, balasan untuk perempuan

3. Waiyyakum, balasan untuk orang jamak

Jadi, ucapan terima kasih dalam Islam yang dapat digunakan tidak hanya jazakallahu khairan. Namun, ada sejumlah istilah dalam Bahasa Arab yang bisa kamu pilih untuk dipraktikkan. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Meraih Kemenangan di Bulan Suci"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/nwy)