Kisah Lelaki Tiap Hari Salat 1.000 Rakaat dan Disangka Nabi Khidir

Kisah Lelaki Tiap Hari Salat 1.000 Rakaat dan Disangka Nabi Khidir

Kristina - detikHikmah
Minggu, 22 Jan 2023 05:30 WIB
Silhouette of activities of people at famous landmark muslim man pray in mosque in Malaysia,vector illustration
Ilustrasi lelaki yang salat 1.000 rakaat dan disangka Nabi Khidir AS. Foto: Getty Images/iStockphoto/Therd oval
Jakarta - Sahabat Nabi Muhammad SAW, Mush'ab bin Tsabit, pernah menjumpai seorang laki-laki yang menghabiskan waktunya untuk salat dan puasa. Dalam sehari semalam ahli ibadah tersebut salat 1.000 rakaat dan puasa tanpa henti.

Kisah ini diceritakan Imam Ibnul Jauzi dalam 'Uyun Al-Hikayat Min Qashsh Ash-Shalihin wa Nawadir Az-Zahidin dan diterjemahkan oleh Abdul Hayyi Al-Kattani.

Diceritakan, pada suatu malam, Mush'ab bin Tsabit bermalam di masjid setelah para jemaah pulang semua. Lalu, ia melihat seorang laki-laki datang ke rumah Nabi Muhammad SAW, kemudian bersandar ke dinding seraya mengucapkan,

"Ya Allah, engkau tahu bahwa saya kemarin berpuasa, kemudian pada malam harinya saya tidak memiliki makanan untuk berbuka. Kemudian pada hari ini saya tetap berpuasa, tapi malam ini saya juga tidak mendapatkan makanan untuk berbuka. Ya Allah, malam ini saya ingin makan tsarid. Untuk itu, berilah saya makanan dari sisi-Mu."

Beberapa saat setelah itu, Mush'ab melihat seorang pelayan masuk dari pintu kecil menara, tapi dia tidak tampak seperti pelayan manusia. Dia datang sambil membawa sebuah nampan, lalu meletakkannya di depan laki-laki tersebut.

Lantas, laki-laki ahli ibadah tersebut duduk dan makan. Lalu, dia melempar Mush'ab dengan kerikil dan berkata, "Kemarilah." Mush'ab pun mendekatinya. Ia berpikir bahwa itu adalah makanan dari surga. Untuk itu, ia ingin ikut mencicipinya, namun ia sungkan.

"Ketika saya ikut makan, rasa makanan itu tidak seperti rasa makanan dunia. Akan tetapi, karena merasa sungkan, akhirnya saya memutuskan untuk kembali ke tempat saya semula," ujar Mush'ab.

Setelah lelaki itu selesai makan, pelayan tersebut mengambil nampan yang ada. Ia lantas beranjak pergi lewat jalan yang sama saat mengantar makanan tadi. Lelaki ahli ibadah itu pun ikut pergi.

Mush'ab mencoba mengikuti lelaki tersebut karena ingin tahu siapa sebenarnya sosok yang membuatnya heran itu. Akan tetapi, Mush'ab kehilangan jejaknya dan tidak tahu ke mana dia pergi.

"Waktu itu, saya berpikir orang itu adalah Khadir (Khidir) 'Alaihissalam," ucap Mush'ab.

Nabi Khidir AS sendiri adalah sosok yang keberadaannya misterius dan beberapa pendapat meyakini ia masih hidup hingga kini. Sosoknya diceritakan dalam Al-Qur'an surah Al Kahfi ayat 60-82 kala bertemu dengan Nabi Musa AS.



Simak Video "Kilas Balik Perjuangan Alif 'Cepmek' Bikin Konten 'Kamu Nanya?' "
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)