4 Mukjizat Nabi Yaqub, Bapaknya Kaum Bani Israil

4 Mukjizat Nabi Yaqub, Bapaknya Kaum Bani Israil

Cicin Yulianti - detikHikmah
Kamis, 05 Jan 2023 13:45 WIB
DUNHUANG , CHINA - APRIL 23:  Tourists rides on camels, walking on the desert on April 23, 2019 in Dunhuang, China. The Mingsha Shan desert (Mount Mingsha) is a part of the ancient silk road. Serving as an important platform for cultural exchange and economic cooperation among countries along the Belt and Road, Dunhuang City, which was a major stop on the ancient Silk Road. The 2nd
Ilustrasi 4 mukjizat Nabi Yaqub AS. Foto: Getty Images/Lintao Zhang
Jakarta -

Nabi Yaqub adalah salah seorang nabi dan rasul yang diutus Allah SWT kepada kaum Bani Israil sekitar tahun 1750 SM. Tidak banyak yang tahu bahwa terdapat beberapa mukjizat Nabi Yaqub selama ia hidup.

Mengutip buku Kisah Teladan Menakjubkan 25 Nabi & Rasul karya Lisdy Rahayu bahwa Nabi Yaqub adalah putra dari Nabi Ishak bin Ibrahim. Kisah dari Nabi Yakub tidak banyak diceritakan dalam Al- Qur'an, namun sama seperti nabi dan rasul lainnya, Nabi Yaqub memiliki beberapa mukjizat.

Apa saja mukjizat Nabi Yaqub?

  • Sebagai Bapak Kaum Bani Israil

Mengutip buku 77 Pesan Nabi untuk Anak Muslim karya Abu Alkindie Thul Ihsan & Abu Azka, bahwa Nabi Yakub memiliki gelar Israil, sehingga keturunan dari Nabi Yaqub disebut sebagai Bani Israil. Keturunannya yang termasuk ke dalam golongan Bani Israil antara lain adalah Nabi Yusuf, Nabi Musa, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, dan Nabi Isa.

  • Sikap Bijaksana Nabi Yaqub

Diceritakan dalam buku Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Disiplin Positif (DISPOS) oleh Ayu Andriani, Nabi Yaqub dan kakaknya bernama Aishu tidaklah rukun. Aishu selalu iri terhadap Nabi Yaqub yang lebih disayangi oleh ibunya. Hanya Nabi Yaqub saja yang diajukan kepada Ibrahim (ayahnya) untuk diberkahi.

Semakin lama, Aishu semakin dengki kepada Nabi Yaqub dan bersikaplah kaku dan dingin kepada adiknya tersebut. Melihat sikap kakaknya, Nabi Yaqub pergi ke ayahnya atau Nabi Ibrahim untuk meminta solusi.

Nabi Ibrahim menganjurkan putranya tersebut untuk hijrah ke daerah Fadan A'raam di Negara Iraq. Tempat tersebut adalah rumah saudara ibunya yakni Laban bin Batu'il.

Nabi Yaqub menikah dengan putri dari Laban bin Batu'il dan mulai berdakwah di daerah tersebut. Nabi Yaqub dengan bijak menerima perintah tersebut agar saudaranya dapat merasa lebih nyaman dan tenang.

  • Dikaruniai Anak yang Sangat Tampan

Nabi Yaqub dikaruniai anak sebanyak 12 dari keempat istrinya. Mereka adalah Bunyamin, Raubin, Syam'un, Lewi, Yahuda, Yasyzar, Zabulon, Dan, Neftalua, Jad, Asyir, dan Yusuf.

Di antara 12 anaknya, Yusuf adalah putranya yang sangat tampan dan piawai dalam melakukan banyak hal. Ia pun kemudian dikenal sebagai utusan Allah yakni Nabi Yusuf.

Sebelum Yusuf dilahirkan, Nabi Yaqub sebelumnya pernah bermimpi bahwa beliau ia akan dikaruniai keturunan yang menguasai bumi dan menjadi Nabi juga. Bahkan, ketampanan dan kepiawaian dari Nabi Yusuf mengundang rasa iri dan benci dari saudara-saudaranya.

  • Kesabarannya yang Tinggi

Anak-anak dari Nabi Yaqub sangat membenci Nabi Yusuf karena ia memiliki keistimewaan dibanding yang lainnya. Nabi Yusuf pun dicelakai oleh saudara-saudaranya dan hilang sehingga tidak dapat bertemu keluarganya selama bertahun-tahun.

Nabi Yaqub sangat sedih atas apa yang terjadi pada Nabi Yusuf anak kesayangannya hingga tangisannya membuat ia buta. Nabi Yaqub dengan kondisi mata butanya tersebut senantiasa bersabar jika suatu saat ia akan bertemu kembali dengan Nabi Yusuf.

Akhirnya, mereka bertemu kembali dan Nabi Yaqub dapat melihat kembali atas izin Allah melalui perantara Nabi Yusuf. Menjelang wafat, Nabi Yaqub pun menyeru keturunannya agar senantiasa beriman kepada Allah SWT.



Simak Video "Doa Pawang Hujan Hadapi Sentilan Sains dan Tudingan Klenik"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)