Kisah Nabi Sulaiman Taklukkan Ratu Balqis, Akhirnya Menjadi Istri?

Kisah Nabi Sulaiman Taklukkan Ratu Balqis, Akhirnya Menjadi Istri?

Cicin Yulianti - detikHikmah
Selasa, 03 Jan 2023 05:00 WIB
Silhouette pregnant Mary and Joseph with a donkey on star of cross background
Kisah Nabi Sulaiman Taklukkan Ratu Balqis, Akhirnya Menjadi Istri? Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonyachoat
Jakarta - Nabi Sulaiman memiliki banyak kelebihan yang Allah berikan kepadanya. Salah satu karunia tersebut adalah keberhasilannya dalam menaklukan hati Ratu Balqis.

Ratu Balqis merupakan legenda yang sering muncul dalam kisah Nabi Sulaiman. Bahkan, ada yang menyebut bahwa Ratu Balqis adalah istri Nabi Sulaiman. Benarkah? Untuk menjawabnya, simak kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis berikut ini yuk!

Burung Hud-Hud, Perantara Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis

Mengutip buku Pendidikan Agama Islam Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VII oleh H Masan, pertemuan antara Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis diperantarai oleh burung Hud-Hud. Kala itu, Nabi Sulaiman sedang dalam perjalanan menuju negeri Yaman.

Di tengah perjalanan, Nabi Sulaiman kekurangan air dan kebetulan ada seekor burung Hud-Hud yang melintas di sana. Nabi Sulaiman kemudian memanggil burung tersebut kemudian memerintahkannya untuk membantu mencarikan air.

Burung Hud-Hud itu tak juga kembali sehingga membuat Nabi Sulaiman menunggu lama. Namun akhirnya burung tersebut datang dan meminta maaf kepada Nabi Sulaiman karena terlambat.

Burung Hud-Hud tersebut berkata: "Maaf wahai Nabi, ketika saya berkeliling jauh mencari air, saya melihat ada sebuah negeri yang megah, bernama Saba. Negeri itu diperintah oleh ratu yang bernama Balqis. Ratu Balqis memiliki bala tentara yang besar-besar lagi kuat-kuat. Sayangnya, ratu itu beserta rakyatnya menyembah matahari."

Mendengar kabar tersebut Nabi Sulaiman memutuskan untuk menulis surat kepada Ratu Balqis yang isinya berupa seruan kepadanya dan rakyatnya untuk menyembah Allah. Lalu, dikirimlah surat tersebut dengan bantuan burung Hud-Hud kepada sang ratu.

Surat pun sampai di tangan Ratu Balqis dan ia membaca ajakan dari Nabi Sulaiman serta mendiskusikan ajakan tersebut kepada para pembesar kerajaan. Menanggapi ajakan Nabi Sulaiman tersebut, Ratu Balqis tetap pada keyakinannya yakni menyembah matahari.

Ratu Balqis Berkunjung ke Istana Nabi Sulaiman

Sebagai ungkapan jalan damai, Ratu Balqis memberi hadiah yang bagus kepada Nabi Sulaiman melalui utusannya. Namun, Nabi Sulaiman tidak menerimanya karena ia menginginkan Ratu Balqis dan rakyatnya menyembah Allah semata.

Utusan tersebut menyampaikan kepada ratu bahwa Nabi Sulaiman menolaknya dan memberi tahu bahwa istana Nabi Sulaiman sangatlah megah. Ratu pun penasaran dan hendak mengunjunginya istana tersebut.

Dalam merespon niat kedatangan Ratu Balqis ke istananya, Nabi Sulaiman menyeru: "Siapa di antara kalian yang dapat memindahkan singgasana Ratu Balqis ke sini sebelum ratu beserta rombongan tiba?"

Jin ifrit dan seorang yang memiliki ilmu gaib bersedia untuk mengabulkan permintaan Nabi Sulaiman tersebut.

Ratu Balqis Beriman Kepada Allah dan Diperistri Nabi Sulaiman

Setibanya di istana Nabi Sulaiman, Ratu Balqis tercengang karena istana tersebut jauh lebih megah dari istana yang ia miliki. Ia pun dibuat lebih tercengang saat tahu bahwa singgasananya sudah ada di dalam istana Nabi Sulaiman.

Melihat kemegahan dari istana Nabi Sulaiman, Ratu Balqis menyadari bahwa kesombongannya selama ini tiada berarti. Ratu Balqis pun menyerah dan mengaku kalah dari Nabi Sulaiman.

Ratu Balqis memohon ampun atas kesombongan yang ia miliki dan menuruti Nabi Sulaiman untuk beriman kepada Allah SWT. Ia pun diperistri oleh Nabi Sulaiman dan akhirnya hidup bahagia.

Itulah kisah bersatunya Nabi Sulaiman menaklukan Ratu Balqis, penguasa wanita hebat saat itu.



Simak Video "Ikhtiar dan Tawakal, Paket Lengkap untuk Dapat Pertolongan Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Kisah Nabi Sulaiman

Kisah Nabi Sulaiman

7 konten
Nabi Sulaiman As merupakan nabi dari salah satu keturunan dan yang menggantikan Nabi Daud As sebagai raja. Salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah adalah dapat mengerti bahasa hewan dan sanggup memerintahkan bangsa jin.