Kisah Nabi Ayyub AS dan Istri yang Setia Merawatnya dalam Kondisi Sakit

Kisah Nabi Ayyub AS dan Istri yang Setia Merawatnya dalam Kondisi Sakit

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Senin, 02 Jan 2023 05:00 WIB
Kisah nabi
Ilustrasi Nabi Ayyub AS. (Ilustrasi: Mindra Purnomo/detikcom)
Jakarta - Banyak dari umat muslim yang mengetahui kisah salah satu utusan Allah SWT, yakni Nabi Ayyub AS, yang mana beliau diuji keimanan dan kesabarannya dengan berbagai cobaan. Di sisi lain, ternyata ada sosok istri Nabi Ayyub yang setia mengurus dan menemani suaminya dalam melewati ujian itu. Siapa dia?

Dalam buku Kisah Para Nabi oleh Ibnu Katsir, istri Nabi Ayyub disebutkan ada ulama yang berpendapat bahwa nama istri Nabi Ayyub adalah Rahmah binti Afratsim. Selain itu ada juga yang mengemukakan nama istrinya yakni Liya binti Yusuf binti Ya'qub.

Istri Nabi Ayyub ini yang selalu perhatian dan sabar dalam mengurus suaminya. Ia memuliakan Nabi Ayyub dan tak lupa akan kebaikan serta kasih sayang sang suami kepadanya. Berikut kisah mengenai Nabi Ayyub dan istrinya.

Kondisi Nabi Ayyub AS

Diketahui bahwa Nabi Ayyub awalnya adalah seorang yang memiliki harta berlimpah, juga anak serta anggota keluarga yang banyak. Tetapi semuanya diambil oleh Allah SWT dalam sekejap, sebab Dia ingin menguji keimanan dan kesabaran hamba-Nya yang bertakwa.

Beliau diberi cobaan dengan terkena berbagai macam penyakit dalam waktu yang lama, hingga menggerogoti seluruh anggota tubuhnya kecuali lidah dan hatinya. Dengan lidah dan hatinya itu, Nabi Ayyub selalu berdoa dan berdzikir kepada Allah. Beliau juga senantiasa bersabar, dan lapang dada dalam menghadapi ujian tersebut.

Karena penyakit yang menimpanya ini, Nabi Ayyub dikucilkan dan diusir oleh masyarakat dari daerah tempat tinggalnya. Tak ada orang yang mengasihani Ayyub AS selain istrinya itu.

Kesetiaan Istri Nabi Ayyub AS

Suatu waktu, kondisi istrinya melemah dan harta yang dimiliki keduanya hanya tersisa sedikit. Dengan keadaan yang demikian membuat istrinya terpaksa untuk bekerja pada orang lain agar bisa memberi makan dan mengobati suaminya.

Penyakit yang diderita Nabi Ayyub semakin parah, hingga daging yang melekat pada tubuhnya mulai terlepas dan tidak ada yang tersisa di tubuhnya, kecuali tulang dan otot- otot saja.

Melihat kondisi suaminya yang begitu menyakitkan, sang istri berkata, "Wahai suamiku Ayyub, seandainya engkau berdoa memohon kepada Tuhanmu, niscaya Dia akan menyembuhkanmu."

Kemudian Ayyub AS menjawab, "Aku telah menjalani hidup yang sehat wal afiat selama tujuh puluh tahun. Tidak sewajarnyakah bila aku melapangkan dada kepada Allah ketika menghadapi cobaan yang lebih singkat dari tujuh puluh tahun?"

Istrinya pun terkejut saat mendengar ucapan Nabi Ayyub. Kemudian dengan ikhlas hati, si istri berjuang untuk bekerja pada orang lain agar bisa memperoleh upah untuk makan suaminya itu. Tetapi sedihnya tak ada masyarakat yang mau mempekerjakan istri Ayyub AS karena mereka tahu bahwa ia adalah istri seorang yang berpenyakitan.

Mau tidak mau, istrinya itu menjual salah satu kepang rambut miliknya kepada seorang putri pejabat yang kemudian ditukar dengan makanan yang banyak. Sesampainya di rumah, Nabi Ayyub menolak makananan itu seraya bertanya, "Dari mana engkau dapatkan makanan ini?"

Sang istri menjawab, "Aku bekerja pada beberapa orang."

Esok harinya, istri Ayyub AS tidak menemukan pekerjaan kembali. Dan ia lagi-lagi menjual kepang rambutnya yang satunya untuk ditukarkan dengan makanan. Setelahnya, ia membawa makanan itu ke suaminya, dan lagi Nabi Ayyub menolak.

Ayyub AS tidak akan memakannya makananan itu sampai sang istrinya memberitahukan apa yang dilakukannya dan dari manakah asal makanan itu. Kemudian istrinya membuka kerudungnya, dan Nabi Ayyub melihat kepala istrinya sudah tak berambut.

Tak hanya ketika memberinya makan, istrinya juga selalu mengurus kebutuhan lain Nabi Ayyub, seperti biasa mengantar dan menemani suaminya untuk buang air. Dan menuntunnya pula, bila telah selesai.

Itulah kisah Nabi Ayyub AS beserta istrinya ketika menghadapi ujian dari Allah SWT, semoga bisa diambil hikmahnya ya, detikers!



Simak Video "Ikhtiar dan Tawakal, Paket Lengkap untuk Dapat Pertolongan Allah"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)