Nama Istri Nabi Yusuf AS, Benarkah Zulaikha yang Pernah Menggodanya?

Nama Istri Nabi Yusuf AS, Benarkah Zulaikha yang Pernah Menggodanya?

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Jumat, 30 Des 2022 05:00 WIB
Arab woman with veil against orange yellow sky
Nama istri Nabi Yusuf AS. Foto: Getty Images/iStockphoto/vanbeets
Jakarta - Al-Qur'an mengabadikan sejumlah riwayat Nabi Yusuf AS, salah satunya ada kisah tentang seorang istri tuannya yang merayu beliau. Tetapi kemudian, wanita itu pula yang Allah SWT jadikan pendamping bagi Yusuf AS. Siapakah istrinya itu?


Nabi Yusuf dikenal sebagai pemuda gagah nan rupawan. Ibnu Mas'ud melansir buku Kisah Para Nabi karya Ibnu Katsir mengatakan, bahwa Yusuf AS memiliki paras seperti sambaran kilat, sehingga bila seorang wanita ada yang mendatanginya, maka beliau segera menutup wajahnya itu.


Sebagian lain ada yang mengemukakan bahwa Nabi Yusuf kerap sengaja menutupi mukanya, supaya tidak diketahui dan tak dipandang oleh orang lain. Pendapat mengenai ketampanan Yusuf AS ini selaras dengan kalam Allah dalam Surat Yusuf ayat 31, yang mana membuat para perempuan tak sadar hingga mengiris tangannya sendiri.


Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir al-Munir Jilid 6 menyebutkan, Nabi Yusuf adalah putra dari Nabi Ya'qub AS. Adapun Yusuf AS ternyata masih keturunan dari Nabi Ibrahim bersama istrinya, Sarah. Sarah sendiri merupakan wanita tercantik, sehingga mungkin dan bisa saja keelokan Nabi Yusuf diwarisi dari Sarah.


Sebagaimana dikutip dari buku Istri-Istri Para Nabi oleh Ahmad Khalil Jam'ah & Syaikh Muhammad bin Yusuf Ad-Dimasyqi:


أعْطِيَ يُوسُفُ وَأُمُّهُ شَطْرَ الْحُسْنِ

Artinya: "Yusuf dan ibunya (Sarah) diberi separuh keindahan (ketampanan dan kecantikan)." (HR Ath-Thabari)


Istri Nabi Yusuf AS

Masih dari buku Kisah Para Nabi, dikatakan bahwa istri Nabi Yusuf bernama Zulaikha. Ialah wanita yang diceritakan dalam Surat Yusuf ayat 23-29, yang telah menggoda Yusuf AS.


Ketika suami Zulaikha yang sebelumnya yaitu Qithfir (tuan aziz) akan menemui ajalnya, ia terlebih dahulu menikahkan Yusuf AS dengan istrinya. Setelah itu Yusuf AS mengetahui kalau Zulaikha masih perawan, sebab Qithfir mandul sehingga tidak dapat menggauli istrinya itu.


Pendapat lainnya ada yang mengungkapkan bahwa Qithfir telah wafat, lalu kedudukannya sebagai menteri digantikan oleh Yusuf AS sebab beliau telah dipercaya raja Mesir kala itu, yakni Rayyan bin Walid.


Sementara dalam buku Renungan Iman dalam Surat Yusuf oleh, ada perbedaan pandangan lainnya lagi. Yang mana nama tuan Nabi Yusuf sebelumnya disebutkan sebagai Athfir.


Kemudian Ibnu Ishaq mengemukakan kalau suatu malam Athfir meninggal. Dan Rayyan bin Al-Walid yang merupakan kerabat Zulaikha, menikahkan Yusuf AS dengan Zulaikha.


Setelah menikah, diceritakan bahwa Zulaikha memasuki kamar yang di dalamnya ada Yusuf AS, dan berbicaralah Yusuf kepada Zulaikha, "Bukankah hal ini (pernikahan) lebih baik dari apa yang kamu inginkan sebelum ini?"


Zulaikha menjawab, "Aduhai Yusuf, janganlah kamu menyalahkan aku, sebab aku adalah perempuan yang baik dan cantik, selalu dikelilingi harta dan kesenangan dunia, tetapi suamiku tidak pernah mampu menyentuh wanita, sebagaimana kamu ketahui.


Sementara kamu adalah seorang yang sangat rupawan, di mana Allah SWT juga menjadikanmu orang baik, sesuai dengan aku lihat."



Simak Video "Penggugat Pertanyakan Putusan Hakim soal Kasus Wanprestasi Yusuf Mansur"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)