5 Kisah yang Terkandung dalam Surat Al-Kahfi, Bukan hanya Ashabul Kahfi Lho!

5 Kisah yang Terkandung dalam Surat Al-Kahfi, Bukan hanya Ashabul Kahfi Lho!

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Kamis, 29 Des 2022 10:45 WIB
Al-Quran yang menjadi pedoman hidup umat Islam.
Ilustrasi surat Al Kahfi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/mgstudyo)
Jakarta - Surat Al-Kahfi dikenal dengan riwayatnya yang begitu fenomenal, yakni mengenai para pemuda bertakwa yang bersembunyi di gua, dan tertidur selama 309 tahun. Tapi ternyata, masih ada kisah lain yang terkandung dalam Surat Al-Kahfi, apa saja?

Surat ini dinamakan dengan 'Al-Kahfi' yang artinya gua, dalam Tafsir Al-Mishbah oleh M. Quraish Shihab. Dikatakan pula bahwa nama surat ini telah dikenal sejak masa Nabi SAW, bahkan Rasulullah sendiri yang menamainya.

Dari segi penurunan wahyu, surat ini turun sesudah Surat Al-Ghasiyah dan sebelum Surat Asy-Syura. Adapun posisinya dalam mushaf Al-Qur'an, terletak dalam urutan kedelapan belas, dan terdiri dari 110 ayat.

Jumhur ulama berpendapat bila ayat-ayat dalam surat ini disampaikan sekaligus oleh Allah SWT kepada Nabi SAW sebelum beliau hijrah ke Madinah, sehingga termasuk golongan surat Makkiyah.

Kisah-kisah dalam Surat Al-Kahfi

Wahbah az-Zuhaili dalam Tafsir Al-Munir Jilid 8 mengatakan bahwa surat Al-Kahfi menceritakan sejumlah riwayat yang bisa diambil pelajaran. Berikut berbagai riwayat yang terkandungnya:

1. Kisah Ashabul Kahfi (ayat 9-26)

Kisah ini menyimpan teladan yang bisa diambil, yakni kerelaan orang mukmin untuk meninggalkan tempat dan orang-orang yang disayangi demi berada di jalan Allah SWT.

Di mana terdapat sejumlah pemuda yang beriman kepada Allah, mereka pergi dari kezaliman raja musyrik, kemudian bersembunyi di sebuah gua. Dalam gua, Allah mennidurkan mereka selama ratusan tahun, tepatnya 309 tahun. Setelah berlalu selama itu, Allah lalu membangunkan mereka.

2. Kisah Nabi Musa AS dan Nabi Khidir AS (ayat 60-82)

Riwayat ini menerangkan mengenai sikap tawadhu dalam menuntut ilmu. Di mana Nabi Musa AS yang seorang rasul ulul azmi, berguru kepada orang saleh yang diyakini ulama tafsir sebagai Nabi Khidir AS.

Quran Kemenag menjelaskan bahwa Nabi Khidir ini memiliki ilmu tentang hal gaib, sebagaimana yang diceritakan dalam ayat-ayat bahwa beliau membuktikannya dengan beberapa tindakan yang terselip makna, seperti melubangi perahu yang ditumpangi, membunuh seorang anak, dan membangun kembali tembok yang runtuh.

3. Kisah Nabi Zulkarnain AS (ayat 83- 99)

Disebutkan bahwa kisah mengenainya memiliki pelajaran yang bisa dicontoh oleh para penguasa, raja, juga kepala negara. Di mana Nabi Zulkarnain sebagai seorang raja, mendengarkan keinginan rakyatnya untuk membangun tembok penghalang antara mereka dengan Ya'juj dan Ma'juj. Beliau mendirikan dinding itu berdasarkan ketakwaannya kepada Allah dan keadilannya terhadap kaumnya.

4. Kisah Pemilik Dua Kebun (ayat 32-44)

Riwayat ini menceritakan dua orang yang memiliki kebun, yang mengandung makna perumpamaan antara orang yang bergelimang kekayaan tetapi musyrik dan orang yang kekurangan harta namun beriman kepada Allah SWT.

5. Kisah Iblis yang Menolak Bersujud kepada Nabi Adam AS (ayat 50-53)

Menerangkan sifat sombong yang dimiliki oleh makhluk Allah SWT, yang mana bila tak dihilangkan akan bisa menjerumuskannya kepada penghinaan dan mampu menghalanginya kepada rahmat Allah.

Itulah sejumlah riwayat yang terkandung dalam Surat Al-Kahfi, semoga bisa diambil hikmahnya ya, detikers!

Simak Video "Massa Aksi Bela Al-Qur'an Ancam Demo Tiap Jumat, Jika..."
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)