Kaum Pertama Penyembah Berhala setelah Banjir Zaman Nabi Nuh

Kaum Pertama Penyembah Berhala setelah Banjir Zaman Nabi Nuh

Kristina - detikHikmah
Selasa, 27 Des 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Nabi Hud As
Ilustrasi kaum Nabi Hud, kaum penyembah berhala pertama setelah zaman Nabi Nuh. Foto: ilustrasi detikcom
Jakarta - Kaum Ad generasi paling awal adalah kaum yang pertama kali menyembah berhala setelah bencana banjir yang melanda muka bumi atau zaman Nabi Nuh AS. Ada tiga berhala yang mereka sembah.

Hal tersebut dikatakan Imam Ibnu Katsir dalam Kitab Qashash al-Anbiyaa sebagaimana diterjemahkan oleh Dudi Rosyadi. Adapun, tiga berhala yang menjadi sesembahan manusia pada masa itu bernama Sadd, Samud, dan Hera. Sementara itu, dalam Tarikh Ath-Thabari disebutkan nama berhala itu adalah Sada, Samud, dan Heba.

Pendapat mengenai kaum yang pertama kali menyembah berhala ini bersandar pada firman Allah SWT,

"Ingatlah ketika Dia menjadikan kamu sebagai khalifah-khalifah setelah kaum Nuh, dan Dia lebihkan kamu dalam kekuatan tubuh dan perawakan." (QS Al 'Araf: 69)

Imam Ibnu Katsir mengatakan, mereka diciptakan oleh Allah SWT dengan postur, perawakan, dan kekuatan yang lebih besar daripada manusia lain yang hidup pada zaman itu. Hal ini turut disebutkan dalam surah Al Mukminun ayat 31, "Kemudian setelah mereka (kaum Nabi Nuh), Kami ciptakan umat yang lain."

Allah SWT kemudian mengutus Nabi Hud AS kepada kaum Ad, yang telah berada dalam kesesatan dan menyembah berhala, untuk berdakwah ke jalan Allah SWT. Nabi Hud AS berasal dari keturunan mereka sendiri. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

۞ وَاِلٰى عَادٍ اَخَاهُمْ هُوْدًاۗ قَالَ يٰقَوْمِ اعْبُدُوا اللّٰهَ مَا لَكُمْ مِّنْ اِلٰهٍ غَيْرُهٗۗ اَفَلَا تَتَّقُوْنَ ٦٥

Artinya: "(Kami telah mengutus) kepada (kaum) 'Ad saudara mereka, Hud. Dia berkata, "Wahai kaumku, sembahlah Allah, tidak ada tuhan bagimu selain Dia. Tidakkah kamu bertakwa?"

Disebutkan dalam Kitab Shahih Ibnu Hibban, ada sebuah riwayat yang berasal dari Abu Dzar yang menceritakan bahwa Nabi Hud AS adalah keturunan Arab.

"Di antara mereka ada empat orang Nabi yang berasal dari keturunan Arab, yaitu Hud, Saleh, Syu'aib, dan Nabimu wahai Abu Dzar."

Tempat Tinggal Kaum Ad Generasi Pertama

Masih dalam Kitab Qashash al-Anbiyaa, kaum Ad generasi pertama sering disebut kaum Ad Iram. Mereka adalah orang-orang Arab yang menghuni bukit-bukit berpasir (ahqaf) di wilayah Yaman, antara Oman dan Hadhramaut, di sebuah pemukiman yang menjorok ke laut bernama Syahr. Mereka berada di sebuah lembah yang bernama Mughits.

Kaum Ad generasi pertama yang menjadi penyembah berhala ini tinggal di kemah-kemah dengan tonggak-tonggak besar. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

اَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِعَادٍۖ ٦ اِرَمَ ذَاتِ الْعِمَادِۖ ٧

Artinya: "Tidakkah engkau (Nabi Muhammad) memperhatikan bagaimana Tuhanmu berbuat terhadap (kaum) 'Ad, (yaitu) penduduk Iram (ibu kota kaum 'Ad) yang mempunyai bangunan-bangunan yang tinggi."



Simak Video "Hujan Deras, Jalan Kemang Utara IX Jaksel Banjir Setinggi 40 Cm!"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/erd)