Nabi Sulaiman AS Memiliki Istri yang Banyak, Berapa Jumlahnya?

Nabi Sulaiman AS Memiliki Istri yang Banyak, Berapa Jumlahnya?

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Sabtu, 24 Des 2022 08:30 WIB
Arab woman with veil against orange yellow sky
Ilustrasi berapa jumlah istri Nabi Sulaiman? Foto: Getty Images/iStockphoto/vanbeets
Jakarta -

Mengenai Nabi Sulaiman AS, ada sejumlah riwayat dalam Al-Qur'an mengenai dirinya dan sang istri, yaitu ratu Saba. Tetapi ternyata, Nabi Sulaiman tak hanya memiliki satu istri. Lantas, ada berapa istri Nabi Sulaiman?

Nabi Sulaiman adalah salah satu dari 25 nabi yang dikenal umat Islam. Ia merupakan putra dari Nabi Daud AS, dan masih keturunan Nabi Ibrahim AS, dari anaknya Nabi Ishaq AS.

Silsilah Nabi Sulaiman hingga ke Nabi Ibrahim disebutkan dalam buku Umur dan Silsilah Para Nabi oleh Jihad Muhammad Hajjaj, yakni Sulaiman bin Daud bin Isya bin Uwaed bin Abir bin Salmun bin Nakhsyun bin Awinadzab bin Aram bin Hashrun bin Faridh bin Yahudza bin Ya'qub bin Ishaq bin Ibrahim.

Adapun Allah SWT menganugerahi Nabi Sulaiman dengan warisan kenabian, ilmu, kerajaan serta harta dari ayahnya, Nabi Daud. Sebagaiman yang Allah SWT nyatakan dalam Surah An-Naml ayat 16:

وَوَرِثَ سُلَيْمٰنُ دَاوٗدَ وَقَالَ يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَاُوْتِيْنَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍۗ اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِيْنُ

Artinya: Sulaiman telah mewarisi Daud dan dia (Sulaiman) berkata, "Wahai manusia, kami telah diajari (untuk memahami) bahasa burung dan kami dianugerahi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar karunia yang nyata."


Istri Nabi Sulaiman


Ibnu Katsir dalam Qashash Al-Anbiyaa atau buku Kisah Para Nabi, Nabi Sulaiman memiliki seribu istri, di antaranya 700 istri dari wanita merdeka yang dinikahi dengan mahar, dan 300 lainnya adalah hamba sahaya. Tetapi ada pula yang menyebutkan sebaliknya, yaitu 300 istri wanita merdeka, dan 700 istri hamba sahaya.

Adapun istri-istri yang dimilikinya ini tentu atas ketentuan Allah SWT, yang mana kala itu masih diperbolehkan, bukan semata hawa nafsu belaka.

Nabi SAW dalam sabdanya dari Abu Hurairah pernah menceritakan mengenai Nabi Sulaiman beserta para istrinya. Rasulullah berkata:

"Sulaiman bin Daud pernah mengucapkan: 'Sungguh, aku akan menggilir tujuh puluh istriku dalam satu malam sehingga nantinya masing-masing mereka akan melahirkan seorang ahli berkuda yang berjihad di jalan Allah SWT.'

Salah seorang sahabatnya (malaikat) berkata: '(Ucapkanlah): In syaa Allah.' Akan tetapi, Sulaiman (lupa) tidak mengucapkannya sehingga tidak seorang pun di antara istrinya yang melahirkan, kecuali hanya satu istrinya yang melahirkan seorang anak yang cacat."

Kemudian Nabi bersabda: "Kalau saja ia melafalkan In syaa Allah, niscaya ia akan mempunyai banyak putra yang berjihad di jalan Allah'." (HR Bukhari)

Ada sedikit perbedaan angka istri Nabi Sulaiman dalam riwayat lain yang diriwayatkan oleh Abu Ya'la, dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

'Sulaiman bin Daud pernah berkata: 'Sungguh aku akan menggilir seratus istriku dalam satu malam sehingga masing-masing mereka melahirkan anak laki-laki yang berjihad dengan pedang mereka di jalan Allah.' Akan tetapi, ia tidak mengucapkan in syaa Allah. Kemudian ia menggilir seratus istri dalam satu malam, tetapi tidak ada seorang pun di antara para istrinya yang melahirkan anak, kecuali hanya satu istrinya yang melahirkan setengah anak manusia (lahir dalam keadaan cacat).'

Kemudian Rasulullah bersabda: 'Kalau saja ia mengucapkan in syaa Allah, niscaya setiap istrinya akan melahirkan seorang anak laki-laki yang berjuang dengan pedangnya di jalan Allah 'Azza wa Jalla'." (HR Abu Ya'la).



Simak Video "Panggung Rakyat NU Jadi Daya Tarik Antusiasme Rakyat Sidoarjo dan Sekitarnya"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)
Kisah Nabi Sulaiman

Kisah Nabi Sulaiman

7 konten
Nabi Sulaiman As merupakan nabi dari salah satu keturunan dan yang menggantikan Nabi Daud As sebagai raja. Salah satu mukjizat yang diberikan oleh Allah adalah dapat mengerti bahasa hewan dan sanggup memerintahkan bangsa jin.