Kisah Unta yang Bisa Bicara dan Bersaksi atas Kebohongan Pencuri

Kisah Unta yang Bisa Bicara dan Bersaksi atas Kebohongan Pencuri

Devi Setya - detikHikmah
Selasa, 06 Des 2022 06:00 WIB
DUNHUANG, CHINA - JUNE 27: Tourists ride camels at the Mingsha Mountain and Crescent Spring scenic spot on June 27, 2022 in Dunhuang, Gansu Province of China. (Photo by Zhang Xiaoliang/VCG via Getty Images)
Ilustrasi unta yang dapat berbicara Foto: VCG via Getty Images/VCG
Jakarta - Unta yang berbicara tentu saja dianggap sebagai hal yang mustahil. Namun berkat mukjizat Rasulullah SAW yang diberikan Allah SWT, seekor unta dapat berbicara dan memberikan kesaksian.

Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah SWT sudah berkehendak. Dia-lah yang Maha Mengatur seluruh makhluk ciptaannya.

Kebesaran Allah SWT ditunjukkan lewat sebuah kisah yang dibagikan dalam buku 115 Kisah Menakjubkan dalam Kehidupan Rasulullah SAW oleh Fuad Abdurahman yang menceritakan tentang seekor unta yang dapat berbicara.

Kesaksian Palsu dari Segerombolan Pencuri

Suatu hari seorang Yahudi menemui Rasulullah SAW, dengan maksud mengadukan bahwa seorang muslim telah mencuri unta miliknya. Demi melancarkan aksinya, orang ini turut membawa empat orang saksi yang sebenarnya adalah saksi palsu.

Melihat adanya pengakuan dari empat orang saksi ini, Rasulullah SAW kemudian memutuskan untuk menyerahkan unta tersebut kepada Yahudi. Sementara seorang muslim yang dituduh sebagai pencuri harus mendapat hukuman berupa potong tangan.

Mendengar keputusan ini, tentu saja si muslim merasa sedih dan juga kaget. Ia tidak merasa mencuri karena unta tersebut memang miliknya. Lantas ia mengangkat kedua tangan dan mengangkat kepalanya sebelum hukuman dijatuhkan kepadanya.

"Ya Allah, Engkau Maha Mengetahui bahwa aku tidak mencuri unta itu." ucapnya seraya meminta pertolongan Allah SWT.

Usai berdoa, ia kemudian berkata kepada Rasulullah SAW, "Wahai Rasulullah, sungguh keputusanmu itu benar. Namun aku mohon, sebelum tanganku dipotong, mintalah keterangan dan kesaksian dari unta ini."

Kemudian Rasulullah SAW bertanya kepada seekor unta yang tengah menjadi perebutan ini. "Hai unta, milik siapakah engkau?"

Dengan kebesaran Allah SWT, unta ini kemudian bisa berbicara dan menjawab pertanyaan Rasulullah SAW. "Wahai Rasulullah, aku adalah milik orang muslim ini dan sesungguhnya para saksi itu palsu semua."

Mendengar kesaksian dari unta ini, Rasulullah SAW berkata, "Hai muslim, katakan kepadaku, apa yang kau lakukan hingga Allah menjadikan unta ini berbicara?"

Ia lantas menjawab, "Wahai Rasulullah SAW, di malam hari aku tidak tidur sebelum membaca shalawat kepadamu sepuluh kali."

Rasulullah SAW berkata, "Kau telah selamat dari hukum potong tanganmu di dunia dan selamat juga dari siksa di akhirat berkat shalawat yang kau baca untukku."

Simak Video "Melihat Ratusan Unta 'Olahraga' di Corniche Doha"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/erd)