Mukjizat Rasulullah SAW untuk Abu Hurairah yang Kelaparan

Mukjizat Rasulullah SAW untuk Abu Hurairah yang Kelaparan

Devi Setya - detikHikmah
Sabtu, 03 Des 2022 07:00 WIB
cangkir kuno
Ilustrasi secangkir susu untuk Abu Hurairah yang kelaparan Foto: Getty Images/iStockphoto/Sviatlana Yankouskaya
Jakarta - Rasulullah SAW adalah manusia pilihan Allah SWT yang memiliki banyak mukjizat. Salah satu mukjizatnya ditunjukkan pada Abu Hurairah yang dalam keadaan kelaparan.

Abu Hurairah adalah seorang sahabat Rasulullah SAW. Ia memiliki nama lengkap Abdurrahman bin Shakhr. Semasa hidupnya, Abu Hurairah dikenal memiliki ingatan yang luar biasa. Ia juga termasuk periwayat hadits terbanyak yang telah meriwayatkan lebih dari 5.000 hadits.

Mengutip buku Kisah Inspiratif Sahabat Nabi oleh Muhammad Nasrulloh, dikisahkan bahwa suatu hari Abu Hurairah mengalami kondisi yang sangat lapar. Sementara di rumahnya tidak ada makanan apapun yang dapat ia santap.

Saking laparnya, Abu Hurairah sampai membaringkan tubuhnya di tanah sembari mengganjal batu di atas perutnya agar bisa menghilangkan rasa lapar. Tentu saja bukan ini solusi dari rasa laparnya.

Abu Hurairah kemudian berdiam di tepi jalan yang kerap dilalui para Sahabat Rasulullah SAW. Ketika bertemu sahabat Rasulullah, ia bertanya satu topik tertentu yang ada dalam Al-Quran.

Tujuannya adalah agar dapat berbincang panjang di jalan sampai akhirnya sampai di rumah sahabat Rasulullah dan mendapat jamuan makanan. Sayangnya Abu Hurairah tak juga bertemu sahabat Rasulullah SAW yang berkenan menjawab pertanyaannya. Makin lama, perutnya pun semakin lapar.

Rasulullah SAW Mengajak Abu Hurairah ke Rumahnya

Beruntungnya, Abu Hurairah justru bertemu dengan Rasulullah SAW. Melihat kondisi Abu Hurairah, Rasulullah SAW lantas mengajak untuk singgah di rumahnya. Sesampainya di rumah, mereka mendapati satu cangkir susu.

Istri Rasulullah SAW mengatakan bahwa susu tersebut adalah pemberian dari seorang sahabat. Susu ini tidak langsung diberikan kepada Abu Hurairah, melainkan ia diminta untuk memanggil Ahlu Suffah, yakni para sahabat Nabi yang tinggal di Masjid Nabawi karena tak memiliki tempat tinggal.

Abu Hurairah yang sedang kelaparan sangat ingin meneguk susu tersebut namun ia malah diminta memanggil Ahlu Suffah. Mungkin dalam benaknya, Abu Hurairah berpikir bahwa Rasulullah SAW pasti memanggil Ahlu Suffah untuk diberi jamuan makanan.

Secangkir Susu Membawa Keberkahan

Atas panggilan Rasulullah SAW, seluruh Ahlu Suffah berkumpul di rumah beliau. Abu Hurairah kemudian diminta untuk menuangkan secangkir susu tersebut kepada Ahlu Suffah.

Satu per satu Ahlu Suffah mendapatkan susu segar yang dapat melegakan tenggorokan dan menghilangkan dahaga. Hal menakjubkan pun terjadi di sini. Susu yang dituangkan Abu Hurairah seperti tak ada habisnya. Layaknya kran air yang terus mengalir sehingga mencukupi kebutuhan Ahlu Sunnah, Abu Hurairah dan juga Rasulullah SAW.

Abu Hurairah merasa takjub dengan apa yang ia saksikan. Ia pun dapat minum susu ini hingga dahaga dan laparnya benar-benar hilang. Ia berkata pada Rasulullah SAW, "sungguh benar engkau wahai Rasulullah."

Kisah ini lantas dikenang sebagai mukjizat yang diberikan kepada Rasulullah SAW. Sehingga semakin mantap dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Simak Video "Rumah Sekeluarga Tewas 'Mengering' Kini Tertutup Plastik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

Mukjizat Para Nabi

Mukjizat Para Nabi

20 konten
Allah SWT memberikan mukjizat kepada para Nabi dan Rasul pilihan. Allah memberi mukjizat kepada utusan-Nya sebagai bukti kenabian serta kerasulan. Siapa Nabi dan Rasul yang mendapat mukjizat dari Allah, dan apa mukjizat nya?