Penciptaan Nabi Adam pada Hari Jumat, Begini Kisahnya

Penciptaan Nabi Adam pada Hari Jumat, Begini Kisahnya

Kristina - detikHikmah
Jumat, 02 Des 2022 05:00 WIB
kisah nabi adam
Ilustrasi kisah penciptaan Nabi Adam AS. Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Hari Jumat termasuk hari istimewa. Menurut sebuah riwayat, Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS, memasukkan ke surga, dan menurunkan ke bumi pada hari Jumat.

Hal ini bersandar pada sebuah hadits yang termuat dalam Kitab Shahih Muslim. Diriwayatkan, dari az-Zuhri, dari al-A'raj, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

"Sebaik-baik hari yang padanya matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu juga beliau dimasukkan ke surga dan pada hari itu pula beliau dikeluarkan dari surga." (HR Muslim)

Kisah penciptaan Nabi Adam AS pada hari Jumat turut diceritakan Imam Ibnu Katsir dalam buku Qashash al-Anbiyaa. Diceritakan, Allah SWT telah memberitahukan kepada para malaikat mengenai penciptaan Nabi Adam AS melalui firman-Nya,

"Sesungguhnya, Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." (QS Al Baqarah: 30)

Ibnu Katsir menjelaskan, ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT memberitahukan bahwa Dia akan menciptakan Adam AS dan keturunannya yang sebagiannya akan menguasai atas sebagian yang lain atau menjadi khalifah. Sebagaimana Allah SWT berfirman,

"Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai penguasa-penguasa di bumi." (QS Al An'am: 165).

Disebutkan pula dalam firman-Nya yang lain, "Dan (Dialah) yang menjadikan kalian (manusia) sebagai khalifah di bumi." (QS An Naml: 62)

Ibnu Katsir menceritakan menurut riwayat Qatadah, malaikat sudah mengetahui bahwasannya sebelum penciptaan Nabi Adam AS dan menjadikannya khalifah di bumi, mereka pernah menyaksikan sendiri penciptaan yang demikian pada kehidupan bangsa jin dan salah satu golongan mereka.

Hal ini turut dikatakan Abdullah bin Umar. Ia menyebut, seribu tahun sebelum Adam AS, bangsa jin telah melakukan pertumpahan darah. Selanjutnya, Allah SWT mengutus pasukan malaikat untuk mengusir jin-jin tersebut ke wilayah pesisir. Ibnu Abbas juga mengatakan hal serupa.

Setelah menjelaskan mengenai penciptaan Nabi Adam AS, Allah SWT kemudian menjelaskan kepada malaikat tentang kelebihan Adam AS atas mereka dalam hal ilmu pengetahuan. Sebagaimana Dia berfirman, "Dan Dia mengajarkan kepada Adam semua nama-nama (benda)." (QS Al Baqarah: 31)

Menurut Ibnu Abbas, nama-nama dalam firman tersebut adalah yang dikenal oleh manusia. Di antaranya nama orang, hewan, bumi, dataran rendah, laut, gunung, unta, keledai, dan nama-nama lainnya.

Sementara itu, Mujahid mengatakan maksudnya adalah nama lembaran, takdir, bunyi, sampai nama kentut yang tidak berbunyi. Termasuk nama semua binatang, nama semua burung, dan nama segala sesuatu.

Usai Allah SWT menciptakan Nabi Adam AS dari tanah liat dan meniupkan roh ke dalamnya, Allah SWT memerintahkan kepada malaikat dan iblis untuk bersujud kepadanya. Namun, hanya malaikat yang bersujud kepada Adam AS. Adapun, iblis enggan ikut bersujud bersama para malaikat.

Allah SWT lantas mengeluarkan iblis dari surga dan mengutuk mereka hingga hari kiamat. Peristiwa tersebut diceritakan dalam surah Al Hijr ayat 28-35.

Selain menjadi hari di mana Nabi Adam AS diciptakan, di hari Jumat pula kiamat akan tiba. Hal ini diriwayatkan Imam Ahmad dari Muhammad bin Mush'ab, dari Al-Auza'i, dari Abu Ammar, dari Abdullah bin Furukh, dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW yang bersabda,

"Sebaik-baik hari yang padanya matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan. Pada hari itu juga beliau dimasukkan ke surga dan pada hari itu pula beliau diturunkan dari surga, dan pada hari itu juga akan terjadi kiamat."

Simak Video "Gambaran Mengerikan Wujud Manusia di Tahun 3000"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)