Kisah Abdullah bin Mas'ud, Sahabat Rasulullah SAW yang Mendoakan Pencuri

Kisah Abdullah bin Mas'ud, Sahabat Rasulullah SAW yang Mendoakan Pencuri

Devi Setya - detikHikmah
Jumat, 25 Nov 2022 05:00 WIB
Close up of many different type of coins with jar
Ilustrasi uang Abdullah bin Mas'ud yang dicuri Foto: Getty Images/iStockphoto/Jorge Villalba
Jakarta - Abdullah bin Mas'ud pernah mengalami pencurian, namun ia sama sekali tak marah pada sang pencuri. Dalam kisahnya, Abdullah bin Mas'ud justru mendoakan kebaikan.

Abdullah bin Mas'ud atau Ibnu Ummi Abd adalah seorang sahabat Rasulullah SAW yang termasuk dalam Assabiqunal Awwalun atau orang-orang yang pertama masuk Islam. Ia adalah orang keenam yang masuk Islam mengikuti jejak Rasulullah SAW.

Mengutip buku Dahsyatnya Ibadah Para Sahabat Rasulullah oleh Yanuar Arifin, Abdullah bin Mas'ud digambarkan sebagai sosok yang cerdas dan berkepribadian mulia. Ia juga sahabat yang sangat setia kepada Rasulullah SAW.

Dalam riwayat, Rasulullah pernah bersabda tentang Abdullah bin Mas'ud:

"Sesungguhnya kaki Ibnu Mas'ud di timbangan Allah pada Hari Kiamat itu jauh lebih berat daripada Gunung Uhud."

Kisah Abdullah bin Mas'ud dan Pencuri

Salah satu kisah tauladan yang bisa dipetik dari Abdullah bin Mas'ud adalah ketika ia mengalami pencurian. Saat itu, Abdullah bin Mas'ud pergi ke pasar untuk membeli makanan. Ia membawa beberapa keping dirham. Namun seseorang justru mencuri dirham dari tangan Abdullah bin Mas'ud.

Mengetahui dirham miliknya direbut paksa, Abdullah bin Mas'ud tetap bersikap tenang. Hal sebaliknya justu ditunjukkan oleh orang-orang yang mengenal Abdullah bin Mas'ud.

Banyak orang yang lantas mendoakan keburukan dan kesialan untuk si pencuri. Doa dari kemarahan orang-orang ini lantas disikapi dengan bijak.

"Kalian jangan mendoakan kesialan untuknya. Akulah pemilik dirham-dirham itu. Aku akan berdoa untuknya dan harap kalian mau mengaminkan doaku," ujar Abdullah bin Mas'ud.

Sahabat Rasulullah SAW yang pandai melantunkan ayat-ayat AlQuran ini lantas mengangkat kedua tangannya seraya berdoa.

"Ya Allah, bila engkau mengetahui bahwa orang yang mencuri dirham milikku ialah orang yang berhajat padanya, maka berkahilah ia dengan dirham itu. Dan, apabila Engkau mengetahui bahwa ia sebenarnya tidak berhajat padanya maka, Ya Allah, jadikanlah ini sebagai kemaksiatan terakhir yang ia lakukan dalam hidupnya."

Dalam buku Biografi 60 Sahabat Rasulullah SAW oleh Muhammad Khalid disebutkan bahwa sosok Abdullah bin Mas'ud adalah orang pertama yang melantunkan ayat Al-Quran. Alunan suara merdu Abdullah bin Mas'ud juga kerap disebutkan dalam beberapa hadits Rasulullah SAW:

"Siapa yang ingin mendengarkan Alquran secara halus sebagaimana saat diturunkan maka hendaklah ia mendengarkannya dari Ibnu Ummi Abd."

"Siapa yang ingin membaca Alquran secara halus sebagaimana ketika diturunkan maka hendaklah membacanya seperti Ibnu Ummi Abd."

Dari kisah Abdullah bin Mas'ud ini dapat dipetik pelajaran bahwa setiap orang hendaknya memiliki sifat sabar dan ikhlas ketika menghadapi apapun.

Simak Video "Polisi yang Terlibat Penembakan Pencuri di Sumsel Diperiksa Propam"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)