Kisah Prajurit Rasulullah SAW yang Disebut Ahli Neraka

Kisah Prajurit Rasulullah SAW yang Disebut Ahli Neraka

Devi Setya - detikHikmah
Kamis, 24 Nov 2022 05:00 WIB
Masjid Djamaa el Djazair Punya Menara Tertinggi di Dunia
Ilustrasi prajurit Rasulullah jadi ahli neraka Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta - Ada saja sosok yang terlihat membela Allah SWT namun tetap masuk neraka. Semua kembali pada niat dan perbuatannya selama di dunia.

Berjuang di jalan Allah SWT adalah sebuah kewajiban. Namun harus dimulai dengan niat yang tulus serta diiringi perilaku yang baik. Perilaku yang menunjukkan keimanan kepada Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an surat Muhammad ayat 7 dijelaskan bahwa dengan membela agama Allah SWT maka akan mendapat jaminan pertolongan. Namun hal ini tentu saja tidak berlaku untuk orang munafik ataupun yang mengingkari pertolongan Allah SWT.


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِن تَنصُرُوا۟ ٱللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

Arab-Latin: Yā ayyuhallażīna āmanū in tanṣurullāha yanṣurkum wa yuṡabbit aqdāmakum

Artinya: Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu

Dalam sebuah kisah diceritakan ada seorang prajurit perang di bawah kepemimpinan Rasulullah SAW yang ternyata menjadi ahli neraka. Padahal sosok prajurit ini tampak membela agama Allah SWT dengan penuh semangat.

Prajurit Rasulullah SAW yang Menjadi Ahli Neraka

Kisah prajurit yang menjadi ahli neraka ini diceritakan dalam buku karya Khoirul Anam yang berjudul Kisah Mengagumkan dalam Kehidupan Rasulullah SAW.

Suatu ketika pasukan Muslim yang dipimpin Rasulullah SAW berhadapan dalam sebuah perang dengan pasukan musyrik yang mengingkari agama Allah SWT. Ketika sebagian orang beristirahat, Rasulullah SAW pergi ke markas pasukan muslim.

Di markas ini, Rasulullah SAW melihat beberapa prajurit sedang beristirahat. Kemudian tampak seorang laki-laki yang sangat bersemangat. Ketika berhadapan dengan musuh, ia tak membiarkan seorang musuh pun lepas dari sabetan pedang yang dibawanya.

Melihat aksinya yang penuh semangat, banyak sahabat Rasulullah SAW yang kemudian memuji dan mengatakan bahwa akan banyak pahala yang ia dapatkan.

"Betapa besar pahala si fulan itu pada hari ini dibandingkan kita," ujar seorang sahabat.

Mendengar kalimat ini, Rasulullah SAW justru menanggapinya dengan hal yang berbanding terbalik.

"Sesungguhnya ia termasuk ahli neraka," ujar Rasulullah SAW.

Mendengar ucapan Rasulullah SAW, tentu semua orang bingung. Lantas seorang prajurit yang juga temannya ini berkata, "Aku adalah temannya dan aku akan mengiku gerak-geriknya."

Demi membuktikan pernyataan Rasulullah SAW, orang ini mengikuti segala gerak-gerik si prajurit yang disebut ahli neraka ini. Saking tak mau luput dari pandangan, jika orang itu maju, ia pun maju dan jika temannya itu berhenti, ia juga berhenti.

Selang beberapa waktu, prajurit yang disebut ahli neraka itu mendapat luka yang sangat
parah akibat tebasan musuh saat perang. Ketika dalam keadaan luka ini, ia bukannya bersabar dan ikhlas menerima cobaan.

Hal yang dilakukan yakni mempercepat kematiannya. Ia pun memilih menancapkan pedang ke tubuhnya sendiri sebagai langkah bunuh diri.

Melihat pemandangan ini, teman si prajurit ahli neraka ini langsung menghadap Rasulullah SAW, seraya berkata, "Aku bersaksi, engkau adalah utusan Allah."

"Ada apa?" tanya Rasulullah SAW.

"Tentang laki-laki yang engkau sebutkan sebagai ahli neraka tadi sehingga orang-orang terkejut mendengarnya. Aku mengatakan kepada mereka bahwa aku akan mengikutinya dan mengabarkan keadaannya. Maka, aku mengawasi gerak-geriknya hingga ia terluka parah. Namun, ia mempercepat kematiannya dengan cara menancapkan tungkai (gagang) pedangnya ke tanah dan mengarahkan hulunya ke ulu hatinya. Ia lalu menghempaskan tubuhnya ke pedang itu hingga
ia tewas akibat bunuh diri," jelas orang ini.

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya seseorang beramal seperti amalan ahli surga dalam pandangan manusia akan tetapi dia termasuk ahli neraka. Dan seseorang beramal seperti amalan ahli neraka menurut pandangan manusia tapi dia termasuk ahli surga"

Orang-orang yang beramal dengan amalan ahli surga secara ikhlas dan penuh keridhoan kepada Allah SWT akan dimasukkannya ke surga. Sesungguhnya Allah Maha Adil, Maha Penyayang dan Maha Mengetahui.

Simak Video "NASA Temukan Planet Mirip 'Neraka'"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)