5 Mukjizat Nabi Ibrahim, Ada yang Sudah Terlihat Sejak Masih Bayi

5 Mukjizat Nabi Ibrahim, Ada yang Sudah Terlihat Sejak Masih Bayi

Awalia Ramadhani - detikHikmah
Senin, 21 Nov 2022 09:33 WIB
Nabi Ibrahim
Ilustrasi Mukjizat Nabi Ibrahim (Foto: llustrasi: Mindra Purnomo)
Jakarta -

Prof. Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi dalam buku, Ibrahim: Bapak Para Nabi dan Kekasih Allah mengatakan bahwa Ibrahim adalah sebuah nama yang berasal dari bahasa Suryani. Ibrahim artinya bapak yang penyayang. Sedangkan dalam bahasa Ibrani, nama Ibrahim merupakan kombinasi dari dua kata yaitu ab (ayah) dan raham (kelompok atau massa).

Nama nasabnya sendiri adalah Ibrahim bin Azar. Setidaknya Al-Quran tidak menyebutkan nasab yang lebih dari ini. Tentu juga ada pendapat lain yang berasal dari kitab Taurat, yang menyebutkan bahwa Ibrahim adalah putra Terah atau Terakh. Namun ulama Islam sepakat dengan yang disebutkan dalam Al-Quran, seperti dalam firman Allah surat Al-An'am ayat 74.


وَاِذْ قَالَ اِبْرٰهِيْمُ لِاَبِيْهِ اٰزَرَ ...

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata kepada ayahnya Azar..."

Mukjizat Nabi Ibrahim

Dikutip dari buku Menguak Rahasia Kehebatan Para Kekasih Allah oleh M. Nawawi ada beberapa mukjizat yang Allah berikan kepada Nabi Ibrahim. Sebagai rasul Allah, Nabi Ibrahim bahkan sudah memiliki mukjizat yang tampak sejak ia masih bayi.

1. Jari Nabi Ibrahim dapat mengeluarkan susu dan madu

Nabi Ibrahim lahir saat pemerintahan Namrud bin Kan'an mengeluarkan kebijakan bahwa setiap bayi yang baru lahir harus dibunuh. Sehingga sang Ibu ketika Ibrahim lahir disembunyikan di sebuah gua dan ditinggal di sana agar tidak diketahui oleh tentara-tentara Namrud yang kejam.

Saat tinggal sendiri itulah, Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Ibrahim. Malaikat Jibril datang kepadanya kemudian mengangkat tangan bayi itu dan ketika bayi tersebut mengisap jarinya sendiri, Allah menghendaki madu dan susu keluar silih berganti dari jari-jari tersebut agar Nabi Ibrahim tidak kelaparan.

2. Melihat burung mati yang dihidupkan lagi

Nabi Ibrahim tumbuh dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah. Saat mulai tumbuh lebih dewasa, ia bermunajat kepada Allah agar diizinkan untuk melihat bagaimana Allah menghidupkan yang mati, menciptakan makhluk, dan mengetahui bagaimana proses penciptaan. Kemudian Allah mengabulkan doanya dengan memperlihatkan kepada Nabi Ibrahim empat ekor burung yang dihidupkan kembali.

3. Selamat dari kobaran api

Mukjizat lain adalah Nabi Ibrahim tidak terbakar oleh api. Hal ini terjadi ketika Raja Namrud menghukum Ibrahim karena dianggap sudah berbuat kurang ajar. Ibrahim dinilai melakukan pelecehan kepada agama kaum Namrud. Pada saat api berkobar dan membara, dan Nabi Ibrahim terikat di dalam gunungan kayu, Allah berfirman dalam surat Al Anbiya ayat 69:

قُلْنَا يَا نَارُ كُوْنِيْ بَرْدًا وَّسَلٰمًا عَلٰٓى اِبْرٰهِيْمَ ۙ

Artinya: "(Allah) berfirman, "Wahai api! Jadilah kamu dingin, dan penyelamat bagi Ibrahim!"

4. Serangan nyamuk

Kemudian mukjizat lain yang Allah berikan kepada Nabi Ibrahim adalah ketika ia meminta bantuan Allah dari langit untuk membinasakan Raja Namrud. Allah pun mengizinkannya dengan mengeluarkan nyamuk dalam jumlah yang sangat banyak. Nyamuk tersebut terus mengejar Raja Namrud sehingga membuatnya tidak dapat tidur dengan nyenyak.

5. Pasir yang bisa berubah menjadi makanan

Hal ini dikutip dari buku Sejarah Terlengkap 25 Nabi oleh Rizem Aizid, pada saat itu Raja Namrud memiliki berbagai makanan, sehingga orang-orang datang kepadanya untuk mendapat persediaan makanan termasuk Nabi Ibrahim.

Namun, ia tidak diberi bahan makanan sehingga keluar tanpa mendapat makanan satupun. Ketika ia hampir sampai di rumahnya, ia menghampiri gundukan pasir dan memenuhi kantongnya dengan pasir tersebut dan berkata:

"Bila aku telah sampai pada keluargaku, maka aku akan menyibukkan keluarga (dengan pasir ini)."

Lalu sesampainya di rumah, istrinya membuka kantong yang dibawanya dan kantong tersebut ternyata berisi bahan makanan.

Berdasarkan yang ditulis oleh M. Nawawi, mukjizat Nabi Ibrahim ini menjadi seuatu hal yang membantunya menunjukkan kebenaran akan seruannya. Tanpa adanya mukjizat tersebut, maka kebenaran Tuhan tidak akan pernah tersampaikan.



Simak Video "Doa Pawang Hujan Hadapi Sentilan Sains dan Tudingan Klenik"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)
Mukjizat Para Nabi

Mukjizat Para Nabi

15 konten
Allah SWT memberikan mukjizat kepada para Nabi dan Rasul pilihan. Allah memberi mukjizat kepada utusan-Nya sebagai bukti kenabian serta kerasulan. Siapa Nabi dan Rasul yang mendapat mukjizat dari Allah, dan apa mukjizat nya?