Tonton Taaruf! Menteri Agama Bicara Isu Penting Persiapan Haji 2023

Taaruf

Tonton Taaruf! Menteri Agama Bicara Isu Penting Persiapan Haji 2023

Erwin Dariyanto - detikHikmah
Jumat, 20 Jan 2023 05:04 WIB
Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) membawa kabar menggembirakan usai menghadiri Mukmatar Haji di Arab Saudi pekan lalu. Kabar itu adalah Indonesia mendapatkan kuota 100 persen jamaah haji 2023 ini.

Artinya tahun ini pemerintah Indonesia bisa memberangkat 221 ribu jamaah haji ke tanah suci. Terdiri dari 203.320 jemaah haji reguler, 17.680 jemaah haji khusus, dan 4.200 kuota petugas. Kabar ini patut disyukuri, namun juga menjadi tantangan yang tidak ringan bagi Kementerian Agama dan panitia petugas haji.

"Nah ini, tentu harus kita syukuri gitu ya, setelah pandemi kita gak bisa melaksanakan haji dan kemarin baru lima puluh persen, kurang lima puluh persen, tapi tentu ini ada tantangan. Tantangannya ini akan jauh lebih besar gitu dibanding lima puluh persen ya," kata Gus Yaqut kepada Tim Taaruf detikHikmah.

Dia pun menyebutkan sejumlah tantangan tersebut. Misalnya hasil survei Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa Indeks Kepuasan Jamaah Haji tahun 2022 merupakan yang tertinggi sejak 11 tahun terakhir. Namun itu dengan jumlah kuota haji yang hanya 50 persen atau separuh dari kuota 2023 nanti. Sehingga Kementerian Agama mendapat tantangan Indeks Kepuasan Haji 2023 tahun ini harus lebih baik dari 2022 kemarin.

Ada juga beberapa isu penting yang diperkirakan bakal dihadapi Kemenag. Salah satu isu adalah soal biaya. Sebab tidak mungkin ongkos haji tahun ini akan sama atau lebih rendah dari biaya tahun lalu. Ada juga isu tentang jamaah usia lanjut yang jumlahnya tahun ini mencapai lebih dari 86 ribu orang.

Nah, bagaimana Kementerian Agama menentukan ongkos haji 2023 dan mengatur antrean calon jamaah haji tahun ini? Tonton Taaruf detikHikmah dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada hari Jumat, 20 Januari 2022 pukul 10:00 WIB di detikcom.

Maaf karena satu dan lain hal, video full Taaruf detikHikmah dengan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang rencananya akan ditayangkan pada hari ini Jumat 20 Januari 2023 pukul 08:00 WIB baru bisa kami tayangkan pukul 10:00 WIB. Kami redaksi memohon maaf atas keterlambatan ini. (Redaksi detikHikmah)

Simak Video "Jokowi: Biaya Haji Masih Kajian, Belum Final Sudah Ramai"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)