5 Hikmah Haji, Salah Satunya Sebagai Penyempurna Ibadah Umat Muslim

5 Hikmah Haji, Salah Satunya Sebagai Penyempurna Ibadah Umat Muslim

Cicin Yulianti - detikHikmah
Jumat, 13 Jan 2023 12:15 WIB
Ilustrasi haji atau umrah
Ilustrasi haji. Apa saja yang termasuk hikmah haji? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Aviator70)
Jakarta - Kewajiban melaksanakan ibadah haji dan umrah diturunkan langsung oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW. Turunnya kewajiban tersebut berkaitan dengan hikmah haji yang dapat dirasakan oleh umat muslim yang melaksanakannya.

Sebelum membahas tentang hikmah haji, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu haji? Beserta dalil dan syaratnya.

Mengutip buku Ibadah Haji: Proses Perjalanan, Pelaksanaan dan Keutamaan Tempat & Ritual oleh Abbas Jumadi dkk, pengertian haji adalah berkunjung ke Baitullah atau Ka'bah untuk melakukan wukuf, mabit, jumroh, thawaf, sai dan amalan lainnya. Tujuan dari ibadah haji ini adalah demi memenuhi panggilan Allah dan mengharap ridha dari-Nya semata.

Dalil tentang perintah mengerjakan haji disebutkan dalam Al Quran Surat Ali Imran ayat 97 yang berbunyi:

فِيهِ ءَايَٰتٌۢ بَيِّنَٰتٌ مَّقَامُ إِبْرَٰهِيمَ ۖ وَمَن دَخَلَهُۥ كَانَ ءَامِنًا ۗ وَلِلَّهِ عَلَى ٱلنَّاسِ حِجُّ ٱلْبَيْتِ مَنِ ٱسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا ۚ وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ عَنِ ٱلْعَٰلَمِينَ

Arab latin: Fīhi āyātum bayyinātum maqāmu ibrāhīm, wa man dakhalahụ kāna āminā, wa lillāhi 'alan-nāsi ḥijjul-baiti manistaṭā'a ilaihi sabīlā, wa mang kafara fa innallāha ganiyyun 'anil-'ālamīn

Artinya: "Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam."

Adapun syarat ibadah haji antara lain adalah:

  • Islam
  • Baligh
  • Berakal
  • Merdeka
  • Istitha'ah

Hikmah Haji bagi Kaum Muslim

Mengutip buku Doa Zikir Haji & Umrah oleh Ahmad Zayyidin Ansori dan Indriya R Dani, berikut adalah hikmah-hikmah haji:

  • Menyaksikan Rumah Allah (Baitullah) Secara Langsung

Ibadah haji menjadi cara bagi seorang muslim untuk dapat singgah ke Baitullah atau Ka'bah yang terdapat di dalam Masjidil Haram. Selain berkunjung ke rumah Allah, kaum muslim dapat melihat situs-situs Islam bersejarah lainnya seperti makam Nabi Ibrahim dan lainnya.

Hikmah haji ini dapat mengajarkan jamaah untuk lebih menghayati nilai keimanan, keikhlasan, ketakwaan dan menghargai perjuangan Rasulullah SAW beserta sahabatnya dalam menyebarkan ajaran Islam.

  • Meneladani Ketakwaan Nabi Ibrahim AS

Kisah Nabi Ibrahim menyisakan banyak keteladanan bagi umat muslim karena ketakwaan yang banyak dilakukan oleh Nabi Ibrahim. Salah satunya kesabarannya saat diperintah Allah SWT untuk mengorbankan anaknya yakni Nabi Ismail.

Selain itu, Nabi Ibrahim sangat tabah saat diberi perintah oleh Allah untuk meninggalkan istri dan anaknya di padang tandus. Perintah-perintah tersebut tetap dilaksanakan olehnya meski menyangkut orang-orang yang disayanginya.

  • Sebagai Pengingat Umat Muslim untuk Bersatu

Haji merupakan ibadah yang dapat mempertemukan banyak umat muslim dari berbagai penjuru dunia. Oleh karenanya, ibadah haji menjadi pengingat bahwa muslim harus bersatu dan memang merupakan kesatuan.

Pakaian ihram yang seragam menggambarkan bahwa tidak ada yang membedakan jamaah haji antara satu dengan yang lainnya. Hal yang membedakan tidak lain hanyalah ketakwaan mereka masing-masing.

  • Haji adalah Penyempurna Ibadah

Sebagai bagian dari rukun Islam, haji adalah penyempurna kelima ibadah yang terkandung di dalamnya. Seseorang yang melakukan ibadah haji tentunya harus sudah melakukan empat ibadah lainnya yakni syahadat, shalat, zakat, dan puasa.

Ibadah haji sebagai penyempurna pun memiliki makna kepatuhan hamba kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW.

  • Ibadah Haji Menjadi Penyemangat dalam Beribadah

Selain sebagai ibadah, banyak orang yang menyebut bahwa haji adalah perjalanan spiritual. Umat muslim yang telah menunaikan ibadah haji biasanya menjadi lebih semangat beribadah ketika pulang dari Makkah.

Dalam hal ini, ibadah haji menjadi kesempatan yang besar bagi umat Islam untuk menyatukan tekad dan semangat dalam beribadah juga menyebarkan kebenaran Allah terhadap sesama manusia.

Simak Video "Datangi KPK, Menag Yaqut Bahas Biaya Ibadah Haji 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)