Siap-siap! Besok Kemenag Buka Seleksi Petugas Haji 2023

Siap-siap! Besok Kemenag Buka Seleksi Petugas Haji 2023

Rahma Harbani - detikHikmah
Kamis, 05 Jan 2023 16:03 WIB
Ilustrasi haji atau umrah
Ilustrasi haji 2023. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Aviator70)
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) sudah mulai membuka pendaftaran seleksi petugas haji untuk penyelenggaraan tahun 2023. Pendaftaran tersebut dibuka mulai 6 hingga 13 Januari 2023.

Berdasarkan keterangan Direktur Bina Haji Ditjen PHU Kemenag Arsad Hidayat, seleksi yang dibuka terdiri dari dua posisi yakni petugas kloter dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Keseluruhan pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara daring atau online melalui Pusaka Super Apps Kementerian Agama pada menu Pendaftaran Petugas Haji.

"Rekrutmen petugas haji dilakukan secara berjenjang. Untuk petugas kloter dan PPIH tingkat kabupaten/kota, pendaftaran dibuka mulai 6-13 Januari 2023. Pendaftaran dilakukan sepenuhnya secara online agar lebih mudah dan transparan," beber dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (5/1/2023).

Secara khusus, Arsad mengatakan, seleksi untuk petugas kloter dibagi menjadi dua formasi. Keduanya yakni ketua kloter dan pembimbing ibadah haji kotel yang dipersyaratkan sudah pernah haji dan memiliki sertifikat Pembimbing Manasik.

Lebih lanjut, Arsad menjelaskan, syarat utama dari keseluruhan petugas haji 2023 tersebut di antaranya mampu mengoperasikan Microsoft Office serta Aplikasi Pelaporan PPIH berbasis Android atau iOS. Pasalnya, menurutnya, seluruh pelayanan petugas haji akan dilakukan secara digital.

"Di tahun 2023, tidak ada lagi petugas yang gagap teknologi, karena semua pelayanan petugas haji akan dilaporkan secara digital," ungkapnya.

Arsad juga menjelaskan detail tanggal penting pelaksanaan seleksi petugas haji 2023 tersebut. Berdasarkan penuturannya, hasil peserta yang lulus administrasi di tingkat kabupaten atau kota akan diumumkan pada 14 Januari 2023. Rangkaian seleksi selanjutnya adalah computer assisted test (CAT) tingkat kabupaten/kota dan CAT tingkat provinsi.

Adapun jadwal seleksi petugas haji 2023 selengkapnya dapat disimak pada ulasan yang telah dirangkum detikcom berikut.

  • Pengumuman hasil administrasi tingkat kabupaten/kota: 14 Januari 2023
  • CAT tingkat kabupaten/kota: 17 Januari 2023
  • Hasil seleksi CAT tingkat kabupaten/kota: 18 Januari 2023
  • CAT tingkat provinsi: 24 Januari 2023
  • Hasil seleksi CAT tingkat provinsi: Diumumkan melalui website Kemenag

Terakhir, Arsad menegaskan, Kemenag membuka seleksi petugas kloter maupun PPIH Arab Saudi untuk umum. Dengan catatan, calon pendaftar tersebut memiliki rekomendasi dari ormas Islam, lembaga pendidikan, atau pesantren.

"Sedangkan untuk PNS harus melampirkan surat tugas dari kementerian/lembaga," pungkas dia.

Simak Video "Soal Biaya Haji Rp 69 Juta, Ma'ruf: Subsidi Sebelumnya Terlalu Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/erd)