Doa ketika Melihat Kakbah, Insyaallah Diijabah Allah SWT

Doa ketika Melihat Kakbah, Insyaallah Diijabah Allah SWT

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Sabtu, 29 Okt 2022 16:15 WIB
Foto udara kakbah
Kakbah. Foto: Zaki
Jakarta - Kakbah adalah kiblat bagi umat Islam dalam melaksanakan sholat. Ia terletak di kawasan Masjidil Haram, Kota Makkah. Kakbah juga merupakan tempat berkumpulnya kaum muslim dari seluruh dunia yang mengerjakan ibahah haji dan umrah.


Buku Ka'bah Rahasia Kiblat Dunia oleh Muhammad Abdul Hamid Asy-Syarqawi dan Muhammad Raja'i Ath-Thahlawi menyebutkan sejumlah nama Kakbah dalam Al-Qur'an, di antaranya Kakbah, Bakkah, Al-Bait, Baitullah, Baitul Haram, Al-Bait Al-Atiq, dan Qiblah.


Dijelaskan juga mengapa diberi nama Kakbah oleh Al-Hafizh Al-Nabawi dalam tafsir tentang mujahid: "Diberi nama Kakbah karena bentuknya yang persegi. Bangsa Arab menyebut setiap rumah yang berbentuk persegi dengan Kakbah".


Ibnu Al-Atsir berkata dalam buku Al-Bidayah wa Al-Hidayah, "Segala sesuatu yang tinggi itu ka'b, dan adakalanya disebut demikian karena berbentuk kubus".


Al-Qurthubi juga mengatakan, disebut Kakbah karena berbentuk persegi empat, padahal mayoritas rumah bangsa Arab berbentuk bundar.


Kakbah memiliki keistimewaan yakni orang-orang yang tawaf ketika haji dan umrah tidak pernah terputus, dari siang sampai malam. Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, beliau bersabda: "Wahai Bani Abdu Manaf, janganlah kalian melarang siapa pun yang hendak tawaf atau sholat di Bait ini, kapan pun, baik siang maupun malam". (HR Muslim)


Ketika seorang muslim melihat Kakbah dari dekat maupun kejauhan, disunahkan baginya untuk mengangkat kedua tangan seraya berdoa. Dalam suatu riwayat disebutkan bahwa doa seorang muslim diperkenankan ketika ia melihat Kakbah.


Dikutip dari Buku Induk Doa dan Zikir oleh Kasimun, doa yang diucapkan ketika melihat Kakbah sebagai berikut:


ْاللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً ، وَزِدْ مَن شَرَّفَهُ وَكَرَّمَهُ مِمَنْ حَجَّهُ أَوِ اعْتَمَرَهُ تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا


Allahumma zid hadzal bayta tasyriifan wa ta'dziiman wa takriiman wa mahaabatan wa zid man syarrafahu wa karramahu mimman hajjahu awi'tamarahu tasyriifan wa takriiman wa ta'dziiman wa birran


Artinya: "Ya Allah, berilah tambahan kepada rumah ini kemuliaan dan kebesaran, kehormatan dan wibawa, dan berilah (pula) tambahan kepada orang yang memuliakannya dan yang menghormatinya dari kalangan orang yang berhaji dan berumrah kepadanya, tambahan kemuliaan, kehormatan, kebesaran, dan ketakwaan."


Kemudian hendaknya ia melanjutkan dengan doa ini ketika melihat Kakbah :


اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ حَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ


Allahumma antassalaam wa minkassalam hayyinaa rabbanaa bissalaami


Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Yang Maha Sejahtera, dari Engkaulah sumber semua kesejahteraan, hidupkanlah kami dengan sejahtera."



Simak Video "Momen DJ Khaled Menangis Pandangi Ka'bah saat Umrah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)