Perintah Haji bagi Umat Muslim dalam Al-Qur'an dan Hadits

Perintah Haji bagi Umat Muslim dalam Al-Qur'an dan Hadits

Azkia Nurfajrina - detikHikmah
Selasa, 18 Okt 2022 08:37 WIB
Beginilah potret Kakbah dan Masjidil Haram sambut jamaah haji yang kembali dibuka saat pandemi COVID-19. Ini potretnya.
Ibadah haji. Foto: AP/Pool
Jakarta - Ibadah haji adalah salah satu dari lima hal yang menjadi dasar agama Islam, yang mana biasa disebut dengan rukun Islam.


Dilansir dari buku Fikih Empat Madzhab Jilid 2 karya Syaikh Abdurrahman Al-Juzairi, haji secara bahasa artinya berangkat menuju ke tempat yang diagungkan. Sementara para ulama mendefinisikan haji secara istilah yakni melakukan ritual ibadah tertentu dengan metode tertentu di waktu yang tertentu dan di tempat tertentu.


Hukum melaksanakan haji adalah fardhu bagi setiap umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Sebagaimana firman Allah Surah Ali Imran ayat 97.


فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

Arab Latin: Fīhi āyātum bayyinātum maqāmu ibrāhīm, wa man dakhalahụ kāna āminā, wa lillāhi 'alan-nāsi ḥijjul-baiti manistaṭā'a ilaihi sabīlā, wa mang kafara fa innallāha ganiyyun 'anil-'ālamīn.

Artinya: "Di dalamnya terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) Maqam Ibrahim. Siapa yang memasukinya (Baitullah), maka amanlah dia. (Di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam." (QS. Ali Imran: 97).


Pada ayat di atas Allah mewajibkan hamba-Nya yang mampu untuk beribadah haji. Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan kriteria mampu dalam ayat tersebut, yakni sanggup mendapatkan perbekalan, alat transportasi, sehat jasmani, perjalanan aman, dan keluarga yang ditinggalkan terjamin kehidupannya.

Allah SWT juga berfirman dalam surat Al Hajj ayat 27 yang berbunyi:

وَأَذِّن فِى ٱلنَّاسِ بِٱلْحَجِّ يَأْتُوكَ رِجَالًا وَعَلَىٰ كُلِّ ضَامِرٍ يَأْتِينَ مِن كُلِّ فَجٍّ عَمِيقٍ

Artinya: "Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh," (QS. Al Hajj: 27).

Rasulullah juga mewajibkan ibadah haji dalam sabdanya:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الَّرحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهِ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ الْبَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ


Artinya: "Agama Islam itu ditegakkan atas lima dasar, pertama: bersyahadat bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, kedua: mendirikan shalat, ketiga: membayar zakat, keempat: melaksanakan haji, dan kelima: berpuasa di bulan Ramadhan". (HR Bukhari & Muslim)


Masih dari Fikih Empat Madzhab Jilid 2, ijma' seluruh ulama bersepakat bahwa ibadah haji adalah fardhu. Barangsiapa yang mengingkari kewajibannya maka dia termasuk golongan orang-orang yang tidak beriman.


Ibadah haji dilakukan satu kali dalam seumur hidup, sesuai sabda Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Abu Hurairah.


Artinya: "Wahai sekalian manusia, telah diwajibkan atas kalian untuk melaksanakan ibadah haji, oleh karena itu maka laksanakanlah ibadah tersebut". Seorang sahabat bertanya kepada Nabi, "Apakah harus dilakukan setiap tahun wahai Rasulullah?". Nabi hanya terdiam saja, hingga sahabat tersebut mengulang pertanyaannya sebanyak tiga kali barulah beliau menjawab, "Apabila aku menjawab ya, maka hukumnya wajib, dan kalian tidak akan sanggup untuk melaksanakannya". (HR Ahmad)





Simak Video "Menag Soal Rencana Perjalanan Haji 2023: Kloter I Tanggal 24 Mei"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ibadah Haji

Ibadah Haji

11 konten
Ibadah haji menjadi salah satu kewajiban umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup untuk mereka yang mampu secara fisik dan finansial.