Kain Ihram, Pakaian yang Dipakai saat Wukuf bagi Laki-laki

Kain Ihram, Pakaian yang Dipakai saat Wukuf bagi Laki-laki

Rahma Harbani - detikHikmah
Senin, 17 Okt 2022 14:23 WIB
ilustrasi di Arafah
Ilustrasi. Pakaian yang yang dipakai saat melaksanakan wukuf bagi laki-laki adalah pakaian ihram. (Fajar Pratama/detikcom)
Jakarta - Wukuf di Arafah termasuk dalam bagian rukun haji yang tidak boleh ditinggalkan. Dalam pelaksanaannya, aturan pakaian yang dipakai ketika melaksanakan wukuf bagi laki-laki adalah pakaian ihram sebagaimana dikutip dari buku Fiqih Islam oleh Saifullah, S. Ag, M. A.

"Pada tanggal 9 Zulhijah, seluruh jemaah dengan mengenakan pakaian ihram menuju Arafah untuk melakukan wukuf," tulis Saifullah, S. Ag, M.A dalam bukunya.

Wukuf menurut Syaikh Sulaiman Ahmad Yahya Al-Faifi dalam Ringkasan Fikih Sunnah Sayyid Sabiq adalah hadir dan berada di wilayah Arafah, baik dalam keadaan tidur maupun terjaga, dalam keadaan berkendara, duduk, maupun berjalan, serta baik dalam keadaan suci, maupun tidak suci (haid, nifas, dan junub).

Keterangan mengenai wukuf di Arafah juga disebutkan dalam salah satu riwayat hadits yang diceritakan dari Abdurrahman bin Ya'mar RA. Rasulullah SAW bersabda:

الحجُّ عرفةُ , فمن اَدْرَكَ لَيْلَةَ عرفةَ قبلَ طُلُوْعِ الفَجْرِ من ليلةِ جُمَعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّـهُ

Artinya: "Haji itu hadir di Arafah. Barangsiapa yang datang pada malam hari jam'in (10 Dzulhijjah sebelum terbit fajar) maka sesungguhnya ia masih mendapatkan haji." (HR Tirmidzi).

Sebab perkara inilah, mengutip buku Fiqhul Islam wa Adillatuhu oleh Wahbah Az-Zuhaili, sebagian besar ulama berpendapat, barangsiapa ketinggalan wukuf, dia wajib menunaikan haji pada tahun berikutnya serta menyembelih kurban.

Wukuf dilakukan saat matahari tergelincir pada 9 Zulhijah (hari Arafah) hingga terbit fajar hari nahar atau hari menyembelih hewan kurban pada 10 Zulhijah. Tepatnya setelah khutbah wukuf dan salat jamak qashar taqdim Zuhur dan Ashar dalam keadaan tenang dan khusyuk. Selama wukuf, jemaah dapat memperbanyak dzikir, istigfar, sholawat dan doa sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Untuk itulah, sebaiknya wukuf dilaksanakan dengan sempurna sesuai dengan ketentuannya. Termasuk dalam hal pakaian yang dikenakan.

Pakaian Ihram untuk Wukuf

Pakaian ihram sendiri bermakna pakaian yang dipakai oleh orang yang melakukan ibadah haji dan umrah dengan ketentuan, salah satunya saat wukuf di Arafah. Untuk pakaian ihram bagi laki-laki adalah dua helai kain yang tidak berjahit.

Cara memakainya dengan satu kain diselendangkan di bahu, kemudian satu kain lainnya lagi disarungkan menutupi pusar sampai dengan lutut. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Agama melalui publikasi Buku Tuntunan Manasik Haji Tahun 2020.

"Jemaah pria memakai dua helai kain ihram. Satu kain disarungkan dan satu kain lainnya diselendangkan di kedua bahu dengan menutup aurat," tulis Kemenag.

Berbeda dengan pakaian ihram saat wukuf, pakaian ihram saat melakukan tawaf dipakai dengan cara idhtiba'. Idhtiba' maksudnya yakni meletakkan bagian tengah selendang di bawah bahu kanan, sedangkan kedua ujungnya di atas bahu kiri.

Makna Pakaian Ihram untuk Wukuf

Mengutip buku Spirit Haji karangan Suprio Guntoro, berpakaian ihram saat wukuf menunjukkan ketulusan dan kesederhanaan hidup yang tidak lagi tergiur oleh materi. Pendapat lain menyebutkan, melepaskan pakaian sehari-hari dengan dua helai kain ihram juga bermakna melepas kehidupan duniawi sejenak.

Pasalnya, pakaian dunia kerap membuat manusia lupa diri sehingga mudah berbuat salah dan dosa. Hal inilah yang membuat pakaian dunia harus digantikan dengan pakaian ihram agar ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT sesuai firmanNya surah Taha ayat 12:

إِنِّي أَنَا رَبُّكَ فَاخْلَعْ نَعْلَيْكَ ۖ إِنَّكَ بِالْوَادِ الْمُقَدَّسِ طُوًى

Artinya: "Sungguh, Aku adalah Tuhanmu, maka lepaskan kedua terompahmu. Karena sesungguhnya engkau berada di lembah yang suci, Tuwa."

Pakaian ihram--termasuk saat wukuf--bagi laki-laki juga dapat bermakna arti pembebasan diri dari keinginan hawa nafsu dan daya tarik luar selain Allah. Sebab itu, ketika sudah mengenakan pakaian ihram, seseorang dilarang melakukan dosa dan kemaksiatan.

Simak Video "Heboh Wanita Asal Malaysia Kenakan Pakaian Ihram Laki-laki di Makkah"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ibadah Haji

Ibadah Haji

10 konten
Ibadah haji menjadi salah satu kewajiban umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup untuk mereka yang mampu secara fisik dan finansial.