Gajah Fisiknya Besar tapi Benarkah Takut dengan Tikus?

Gajah Fisiknya Besar tapi Benarkah Takut dengan Tikus?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 24 Jan 2023 14:00 WIB
Ilustrasi gajah
Foto: Jeshoots/Jan Vasek/Benarkah Gajah Takut Tikus?
Jakarta -

Tikus adalah salah satu hewan kecil yang banyak ditakuti oleh manusia. Bahkan ketakutan pada tikus adalah fobia yang dikenal dengan tiga nama berbeda yakni musophobia, murophobia, atau suriphobia.

Bagi manusia, tikus bisa menakutkan karena termasuk hewan pengerat yang bisa mengganggu lingkungan. Selain itu, tikus juga bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti hantavirus hingga pes.

Saking mengganggunya tikus, bahkan ada anggapan bahwa hewan lain yang lebih besar seperti gajah juga takut dengan tikus. Apakah benar?

Gajah Takut dengan Tikus Hanya Mitos?

Salah satu hal yang membuat anggapan gajah takut tikus telah dipopulerkan dalam kartun, film, buku, dan media lainnya selama bertahun-tahun.

Faktanya, referensi tertulis pertama untuk kepercayaan ini mungkin sudah ada sejak lebih dari 600 tahun yang lalu.

Dikutip dari Wonderopolis, beberapa orang yang percaya dengan legenda ini karena ada hubungannya dengan belalai gajah.

Menurut beberapa orang, gajah takut pada tikus, karena takut tikus akan merayapi belalainya. Sebab, kondisi itu dapat menyebabkan iritasi dan penyumbatan, sehingga gajah sulit bernapas.

Namun sampai saat ini, para ahli menyangkal alasan tersebut karena belum ada yang bisa membuktikan anggapan kuno tentang gajah yang takut tikus.

Sebab jika tikus merambat ke belalai, seekor gajah bisa saja meniup tikus keluar dari belalainya dengan embusan udara.

Gajah dan Hewan Lain Hanya Mungkin Kaget

Menurut Christopher Plimb pada 'The Gregorian Menagerie: Exotic Animals in Eighteenth-Century London' dalam I. B. Tauris (2015), seorang dokter asal Irlandia pada akhir 1600-an bernama Allen Moulin mencari tahu mengapa gajah bisa gemetar di depan seekor tikus.

Moulin berpendapat, gajah tidak memiliki epiglotis, lipatan kartilago yang menutup lubang tenggorokan saat menelan.

Menurutnya gajah bisa jadi merasa khawatir seekor tikus merangkak melalui belalai dan membuat mereka merasa tercekik. Namun, tetap saja peneliti menganggap gajah bisa mengatasinya.

Peneliti mengungkapkan, hal yang paling mungkin bagi gajah untuk takut adalah karena hewan besar satu ini punya penglihatan cukup buruk. Hal itu bisa membuat gajah merasa kaget ketika ada tikus yang melintas.

"Gajah dapat merasa takut terhadap apa pun yang tiba-tiba merayap atau berlari. Jadi, hewan itu bisa terkejut dengan binatang apa saja yang membuat gerakan tiba-tiba dekat kakinya, bukan hanya tikus," ucap peneliti perilaku dan kecerdasan gajah dari University of Cambridge, Josh Plotnik.

"Gajah-gajah terkadang merasa sedikit cemas saat hewan kecil dan cepat ada di sekitar mereka," tutur peneliti lain dari Royal Veterinary College London, John Hutchinson.



Simak Video "Ratusan Hewan Liar di Kenya Terancam Punah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia