Ternyata Ini Lho Nama Bintik-bintik pada Permukaan Stroberi!

Ternyata Ini Lho Nama Bintik-bintik pada Permukaan Stroberi!

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 24 Jan 2023 08:00 WIB
Man picking strawberries on farm
Foto: iStock/stroberi
Jakarta -

Buah stroberi adalah buah yang cukup unik. Meski namanya mengandung unsur 'beri', sebetulnya buah ini tidak tergolong beri-berian sama sekali.

Stroberi adalah jenis buah agregat dari keluarga Rosaceae. Berdasarkan Bahan Ajar Mata Kuliah Teknologi Pasca Panen Universitas Udayana oleh Rindang Dwiyani (2015), buah agregat adalah buah yang terbentuk dari banyak ovari yang terdapat pada satu bunga.

Raspberry dan blackberry juga termasuk dalam kategori tersebut dan semuanya dalam keluarga yang sama dengan bunga mawar.

Bintik-Bintik pada Buah Stroberi

Buah stroberi mempunyai karakteristik yang unik di mana terdapat bintik-bintik pada permukaannya. Titik-titik pada buah stroberi itu disebut dengan achene.

Sebetulnya, achene ini adalah buahnya. Pada setiap achene terkandung satu biji di dalamnya.

Istilah achene sendiri mengacu pada buah kering sederhana yang dihasilkan banyak spesies tumbuhan berbunga, termasuk quinoa dan buckwheat.

Buah stroberi tidak seperti kelompok beri yang asli. Buah ini sebenarnya merupakan jaringan bengkak yang menahan biji pembawa buah di permukaannya.

Tak seperti buah-buahan lain, saat bunga stroberi diserbuki buahnya tidak membengkak, sebaliknya jaringan wadahnya yang membengkak. Sementara, buah sejatinya terpisah menjadi achene kecil dan kering.

Klasifikasi Buah Beri

Ada klasifikasi saintifik untuk mengategorikan buah sebagai beri. Buah yang dapat dikategorikan beri harus memiliki lebih dari satu biji dan terdiri dari kulit terluar (exocarp), bagian tengah yang berdaging (mesocarp), dan selubung dalam yang menampung biji (endocarp).

Buah beri berasal dari satu ovarium bunga individu dan terdiri dari dua kelompok berbeda. Sebagai contoh, buah jeruk termasuk dalam kelompok taksonomi hesperidium dan diklasifikasikan sebagai beri yang termodifikasi. Sementara, keluarga Cucurbitaceae termasuk semangka, labu, dan timun terdiri atas kelompok beri pepos. Maka, sebetulnya jeruk bali, jeruk nipis, dan labu secara teknis adalah buah beri.



Simak Video "Muncul Wabah Hepatitis A di AS-Kanada Diduga Gegara Stroberi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia