Daftar Negara dengan Bendera yang Mirip, Jangan Tertukar Ya!

Daftar Negara dengan Bendera yang Mirip, Jangan Tertukar Ya!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 23 Jan 2023 16:00 WIB
Bendera-bendera Mirip Indonesia
Foto: (Reuters)/Bendera Monako mirip bendera Indonesia
Jakarta -

Bendera nasional adalah salah satu simbol identitas suatu negara yang paling mudah dikenali. Biasanya seseorang dapat mengetahui bendera suatu negara dengan ciri warna atau bentuk benderanya. Tapi bagaimanakah dengan bendera negara yang mirip?

Faktanya, beberapa negara di dunia ada yang memiliki bentuk dan warna bendera mirip satu sama lain. Bahkan ada yang terlalu mirip hingga sulit dibedakan.

Ada negara mana saja yang punya bendera mirip dengan negara lain? Ini daftarnya dikutip dari laman Britannica.

Daftar Negara dengan Bendera yang Mirip:

1. Australia dan Selandia Baru

Kedua bendera negara ini sama-sama didasarkan pada British Blue Ensign (bidang biru dengan Union Jack di sudut kiri atas) sebagai tanda bekas kekuasaan kolonial Inggris.

Sekilas kedua bendera Australia dan Selandia Baru benar-benar mirip. Ciri pembedanya adalah bendera Australia memiliki enam bintang putih dan lima di antaranya mewakili Southern Cross.

Sedangkan pada bendera Selandia baru, ada empat konstelasi bintang merah.

2. Senegal dan Mali

Kedua bendera ini memiliki dimensi yang sama dan desain garis vertikal dasar dengan warna hijau-kuning-merah.

Bedanya, bendera Senegal dibedakan dengan bintang hijau di garis tengah (pada warna kuning). Sedangkan Mali tidak ada bintangnya.

Selain Senegal dan Mali, Guinea juga memiliki bendera yang mirip, namun garis-garis vertikalnya dibalik menjadi merah-kuning-hijau.

3. Chad dan Rumania

Bendera nasional kedua negara ini memiliki desain dan ukuran yang hampir identik. Bedanya hanya pada sedikit warna antara garis vertikal biru, kuning, dan merah.

Berdasarkan sejarah, bendera Rumania berasal dari tahun 1861, berdasarkan versi sebelumnya dengan garis horizontal.

Sementara bendera Chad pertama kali dikibarkan pada tahun 1959 setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Perancis.

Warna bendera Chad dan Rumania juga sama dengan bendera milik Andorra dan Moldova. Pembedanya ada di lambang yang ditempatkan di tengah yakni pada warna kuningnya.

4. Indonesia dan Monako

Bendera kedua negara ini juga hampir sama dengan dua garis mendatar, merah di atas putih. Tetapi secara ukuran bendera Indonesia lebih panjang.

Dalam sejarahnya, bendera Monako didasarkan pada warna heraldik pada perisai lengan pangeran Monegasque. Sedangkan bendera Indonesia berasal dari hubungannya dengan kerajaan Majapahit.

Bendera dengan warna merah dan putih juga mirip dengan bendera Polandia. Bedanya, pada bendera Polandia, garis-garisnya dibalik, putih di atas merah.

5. Irlandia dan Pantai Gading


Kedua bendera ini memiliki persamaan pada desain garis vertikal dan unsur warna yakni hijau, putih, dan oranye. Bedanya hanya pada urutan warna dari kiri ke kanan.

Pada Irlandia, bendera berwarna hijau, putih, oranye. Sedangkan Pantai Gading berwarna oranye, putih, hijau.

6. Luksemburg dan Belanda

Berwarna sama-sama putih merah biru. Namun, warna dalam bendera Belanda lebih tua, sedangkan warna pada bendera Luksemburg lebih muda atau terang.

Dari segi ukuran, bendera Luksemburg berbeda dari bendera Belanda karena sedikit lebih panjang dan menggunakan warna biru yang berbeda.


7. Slovenia, Rusia, dan Slovakia

Ketiga negara ini memiliki bendera dengan desain bergaris horizontal putih-biru-merah yang berasal dari akhir abad ke-17. Bedanya, Slovenia memiliki gambar lambang di bagian kiri atas dan Slovakia memiliki gambar perisai besar di sebelah kiri.

Nah, itulah beberapa negara dengan bendera yang mirip satu sama lain. Jangan tertukar ya detikers!



Simak Video "Bendera Rusia Dirobek, Bendera Ukraina Dikibarkan di Kharkiv"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia