Ternyata Ini Rahasia Flamingo Berdiri dengan Satu Kaki tanpa Merasa Lelah

Ternyata Ini Rahasia Flamingo Berdiri dengan Satu Kaki tanpa Merasa Lelah

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 23 Jan 2023 17:00 WIB
Flamingo di Danau Nakuru
Foto: Getty Images/WLDavies/Flamingo
Jakarta -

Flamingo memiliki kebiasaan yang unik. Hewan tersebut mampu berdiri dengan satu kaki dalam waktu yang lama, sedangkan kaki lainnya beristirahat. Padahal, flamingo memiliki kaki yang sangat ramping.

Bagi para ahli, penyebab flamingo berdiri dengan satu kaki selama berjam-jam, bukanlah teka-teki yang mudah untuk dipecahkan. Para ahli zoologi menawarkan beberapa teori dalam beberapa dekade.

Namun, kini ada penjelasan yang paling unggul di antara yang lain.

Alasan Flamingo Berdiri Satu Kaki

Pada dasarnya, flamingo berdiri dengan satu kaki untuk menghindari kelelahan otot. "Sebetulnya, ini adalah aktivitas hemat energi," jelas pakar zoologi dari
College of Life and Environmental Sciences dari University of Exeter, Inggris Dr Paul Rose, dikutip dari BBC Science Focus Magazine.

Flamingo rupanya justru lebih stabil berdiri dalam waktu lama menggunakan satu kaki daripada keduanya.

"Ini karena ligamen dan tendon pada kaki mereka dapat dikunci pada posisinya dan itu mengurangi upaya otot untuk bisa tetap di satu tempat," jelas Rose.

Dia menekankan, tidur sambil berdiri dengan satu kaki memungkinkan sistem penguncian ini, sedangkan tidur dengan dua kali berarti harus terus menjaga keseimbangan.

Menariknya, flamingo bukan satu-satunya burung yang melakukannya. Bebek dan angsa misalnya, juga memiliki sistem penguncian kaki yang serupa untuk menjaga keseimbangan.

"Namun, kita dapat melihat perilaku ini pada manusia sampai pada batas tertentu jika mereka sedang antre. Orang akan lebih banyak bertumpu pada satu kaki," lanjut Rose yang juga seorang doktor bidang perilaku hewan.

Sementara, ada juga penjelasan lain yang cukup mendapatkan daya tarik sampai beberapa tahun lalu. Flamingo disebut berdiri dengan satu kaki untuk menghemat panas tubuh.

Pendapat itu merujuk pada kenyataan bahwa flamingo menghabiskan banyak waktu di air, sehingga mereka perlu mengurangi hilangnya panas tubuh dengan berdiri pada satu kaki

Meski demikian, pendapat ini ditolak karena flamingo mempunyai mekanisme bawaan untuk menghemat panas tubuh. Sebagaimana kebanyakan burung air lainnya, flamingo mempunyai pembuluh darah yang sangat kecil di kakinya.

"Mereka mempunyai sistem panas tubuh berlawanan arah. Artinya, mereka menghangatkan darah yang kembali dari kaki ke tubuh dan mendinginkan darah yang meninggalkan tubuh ke kaki," ujar Rose.



Simak Video "Pengusaha Sapi ini Banting Setir Budidaya Burung Murai"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia