Mengapa Petasan Identik dengan Tahun Baru Imlek?

Mengapa Petasan Identik dengan Tahun Baru Imlek?

Nikita Rosa - detikEdu
Minggu, 22 Jan 2023 15:00 WIB
Chinese firecrackers
Foto: iStock/Mengapa Petasan Identik dengan Tahun Baru Imlek?
Jakarta -

Petasan kerap dinyalakan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Selain untuk meramaikan, petasan juga memiliki sejarah unik yang awalnya digunakan untuk mengusir roh jahat.

Petasan dalam bahasa Mandarin disebut dengan baozhu yang berarti "ledakan bambu". Di China kuno, batang bambu dibakar untuk membuat ledakan kecil guna mengusir roh jahat.

Barulah kemudian penyalaan petasan menandakan peristiwa yang menggembirakan dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan Tahun Baru Imlek.

Asal-usul Petasan

Petasan berawal dari bubuk mesiu yang ditemukan pada masa Dinasti Tang (618-905 M). Pada masa itu, petasan berbentuk seperti belerang yang dibungkus kertas dan dinyalakan dengan secaring kertas.

Provinsi Hunan dan Guangdong terkenal dengan produksi petasan mereka yang maju. Pada masa Dinasti Song, kembang api telah ditemukan tetapi penggunaannya tidak seaktif petasan.

Petasan Sebagai Pengusir Roh Jahat

Petasan dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat. Melansir dari laman National Library Board Singapore, alam semesta dipercaya memiliki kekuatan energi yang baik (shen atau roh baik hati) dan kekuatan energi buruk (gui atau roh jahat). Membuat kegaduhan, terutama dengan menggunakan petasan, dipercaya dapat mengusir roh-roh jahat.

Sejarah Petasan Pada Tahun Baru Imlek

Penggunaan petasan pada malam tahun baru Imlek diyakini terkait dengan Li Tien. Li bertetangga dengan seseorang bernama Chung Sou yang sering jatuh sakit dan diyakini dirasuki oleh roh jahat dari perbukitan.

Li menyarankan Chung Sou untuk meledakkan batang bambu yang digantung di puluhan tiang. Maka pada malam tahun baru Imlek, batang-batang ini dibakar, menyebabkan batang-batang bambu meledak dengan suara keras dan menakut-nakuti roh jahat.

Akibat Li Tien inilah menciptakan keriuhan dengan petasan atau menabuh genderang menjadi tradisi setiap malam Tahun Baru Imlek.

Makna Petasan

Diyakini, pembakaran petasan yang tiada hentinya adalah tanda kemakmuran. Seringkali pada malam Tahun Baru Imlek, petasan akan dibakar hingga berlapis-lapis untuk mengharapkan tahun yang sejahtera.

Sebab ini pula, petasan kerap dinyalakan saat peresmian sebuah gedung penting.



Simak Video "Pedagang Kecewa Penjualan Kembang Api Jelang Tahun Baru 2023 Turun Drastis "
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia