Ternyata Ini Bagian Otak yang Jadi Penentu Kecerdasan

Ternyata Ini Bagian Otak yang Jadi Penentu Kecerdasan

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 20 Jan 2023 20:00 WIB
ilustrasi otak manusia
Foto: ilustrasi/thinkstock/Ilustrasi otak
Jakarta -

Otak adalah organ yang sangat penting untuk mengontrol perilaku dan mengatur fungsi fisiologis tubuh. Namun, tahukah kamu bagian otak mana yang menentukan kecerdasan?

Dalam prosesnya, otak membutuhkan sumsum tulang belakang untuk berkomunikasi dan menerima https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6526670/ternyata-ini-bagian-otak-yang-jadi-penentu-kecerdasan dari reseptor indera.

Bersama-sama, otak dan tulang belakang membentuk sistem saraf pusat (SSP). Dalam SSP ini terdapat daerah kontras yang disebut materi abu-abu dan putih yang menentukan beberapa hal terkait kecerdasan.


Materi Abu-abu pada Otak

Materi abu-abu memungkinkan kontrol gerakan, ingatan, dan emosi. Materi utama ini terdiri dari badan sel saraf, yang memproses dan melepaskan https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6526670/ternyata-ini-bagian-otak-yang-jadi-penentu-kecerdasan.

Materi abu-abu memanjang dari otak ke tulang belakang, menciptakan struktur seperti tanduk melalui bagian dalam sumsum tulang belakang.

Ekstensi ini membuat pensinyalan lebih efektif. Materi abu-abu mengonsumsi sekitar 3-4 kali lebih banyak oksigen daripada materi putih.

Otak besar dan otak kecil adalah daerah otak yang memiliki lapisan luar materi abu-abu. Otak besar adalah bagian terbesar dari otak dan menangani fungsi yang lebih tinggi seperti interpretasi sensorik, emosi, pembelajaran, dan kontrol motorik halus.

Di bawah otak besar adalah otak kecil, yang memantau dan mengatur gerakan serta menjaga postur dan keseimbangan. Bagian dalam otak juga mengandung materi abu-abu dalam kelompok neuron yang disebut inti, yang tertanam dalam materi putih.

Materi Putih pada Otak

Sementara wilayah materi abu-abu memproses https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6526670/ternyata-ini-bagian-otak-yang-jadi-penentu-kecerdasan, materi putih bertindak sebagai saluran komunikasi antara materi abu-abu dan bagian tubuh lainnya.

Tidak seperti materi abu-abu, materi putih ada di jaringan otak yang lebih dalam. Ini berisi akson (serat saraf), yang merupakan perpanjangan dari sel saraf (neuron).

Akson ini diselubungi oleh protein penyekat lemak yang disebut myelin. Myelin ini meningkatkan transmisi sinyal di sepanjang akson dan melindunginya dari cedera. Selanjutnya, myelin memberi warna dan nama materi putih. Di sumsum tulang belakang, materi putih didistribusikan di sekitar materi abu-abu.

Jadi bisa dikatakan bahwa, sistem saraf pusat memiliki dua jenis jaringan yakni materi abu-abu dan putih. Daerah-daerah ini kontras satu sama lain. Materi abu-abu terletak di bagian luar otak, sedangkan materi putih tertanam di bagian dalam.

Materi abu-abu menangani pemrosesan https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6526670/ternyata-ini-bagian-otak-yang-jadi-penentu-kecerdasan, sedangkan materi putih berfungsi sebagai saluran komunikasi.

Dalam materi abu-abu, terdapat sejumlah besar badan sel saraf, yang menyebabkannya tampak abu-abu merah muda. Sebaliknya, materi putih sebagian besar terdiri dari akson bermielin, yang memberikan warna lebih terang.



Simak Video "Dialami Indra Bekti, Simak Pengertian dan Gejala Perdarahan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia