Studi: Serigala Juga Bisa Dekat dengan Manusia Seperti Anjing

Studi: Serigala Juga Bisa Dekat dengan Manusia Seperti Anjing

Novia Aisyah - detikEdu
Sabtu, 21 Jan 2023 16:00 WIB
Anak serigala
Foto: iStock/Studi: Serigala Juga Bisa Dekat dengan Manusia Seperti Anjing
Jakarta -

Anjing dan beberapa hewan lain mampu menunjukkan kedekatan mereka dengan manusia. Antara 40.000 dan 15.000 tahun yang lalu, anjing telah didomestikasi dari spesies serigala yang kini telah punah.

Namun, sebuah studi September 2022 lalu menemukan bahwa serigala pun bisa menunjukkan kedekatan dengan manusia. Para ilmuwan yang meneliti hal ini turut berpikir bahwa hasil riset mereka bisa memberikan petunjuk baru tentang sifat-sifat anjing yang telah berevolusi dan mana yang memang ada sejak awal.

Penelitian mereka melibatkan 12 anjing husky Alaska dan 10 serigala abu-abu Eropa. Seluruh anjing dan serigala itu dimasukkan ke dalam sebuah tes ilmiah.

Serigala Menyapa Orang yang Dikenali

Setelah dibesarkan sejak usia 10 hari sampai 23 minggu oleh para pengasuh terlatih, hewan-hewan tersebut diberi percobaan selama sekitar 15 menit. Para pengasuh akan bergantian dengan orang asing masuk ke ruangan untuk berinteraksi dengan para anjing dan serigala, baik dengan permainan atau mengelus mereka.

Pada percobaan ini, terlihat bahwa serigala juga menunjukkan lebih banyak perhatian dan menghabiskan banyak waktu untuk menyapa orang yang mereka kenal. Terlebih, para serigala juga melakukan lebih banyak kontak fisik sampai-sampai mereka mengekor para pengasuh saat beranjak pergi.

"Sangat jelas bahwa serigala, seperti anjing, lebih menyukai orang yang dikenal daripada orang asing," ujar peneliti utama studi tersebut, Christina Hansen Wheat dari Stockholm University, dikutip dari Science Alert.

Selain itu, dalam percobaan ini didapati bahwa serigala menunjukkan lebih banyak sikap yang mengindikasikan stres dan ketakutan ketika berhadapan dengan orang asing. Mereka mondar-mandir, jongkok, sampai menyelipkan ekor.

Perilaku semacam ini utamanya terjadi saat ada orang asing dan serigala berada dalam ruangan yang sama, tanpa orang yang dikenal ada di dekatnya. Para peneliti menduga, pengasuh atau orang yang mereka kenal merupakan support sosial bagi mereka.

Para ilmuwan terus meneliti bagaimana persamaan dan perbedaan anjing-serigala untuk memahami sejarah evolusi mereka. Namun, dalam hal ikatan dengan manusia, terlihat bahwa serigala dan anjing punya beberapa kesamaan.

Penelitian mengenai kedekatan serigala dan manusia ini terbit melalui jurnal Ecology and Evolution dengan judul "Human-directed Attachment Behavior in Wolves Suggests Standing Ancestral Variation for Human-Dog Attachment Bonds".



Simak Video "Penampakan 2.500 Anjing Laut yang Mati Misterius di Pantai Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia