Bukan Kudanil, Ini Hewan dengan Mulut Terbesar di Dunia

Bukan Kudanil, Ini Hewan dengan Mulut Terbesar di Dunia

Anisa Rizki Febriani - detikEdu
Jumat, 20 Jan 2023 18:00 WIB
Paus Kepala Busur
Ini Hewan dengan Mulut Terbesar di Dunia (Foto: Paus Kepala Busur via The Independent)
Jakarta -

Jika berbicara mengenai hewan dengan mulut yang besar, pasti kudanil yang terlintas di pikiran kebanyakan orang. Biasanya, ukuran mulut yang besar pada hewan memiliki fungsi khusus, seperti menelan mangsa dengan ukuran masif.

Faktanya, ada hewan yang memiliki mulut terbesar di dunia. Saking besar, panjang, dan lebarnya, ukuran mulut hewan tersebut menyaingi kudanil lho.

Kudanil hanya mampu membuka mulutnya selebar 4 kaki atau setara dengan 1,2 meter. Sementara itu, paus kepala busur memiliki panjang mulut yang mencapai 16 kaki (5 meter), dengan tinggi 12 kaki (4 meter), dan lebar 8 kaki (2,5 meter). Bahkan, berat lidahnya mencapai 1 ton.

Mengutip dari AZ Animals, paus kepala busur hidup di perairan Arktik dan sub Arktik. Mereka telah beradaptasi untuk hidup di perairan yang sangat dingin itu.

Lapisan lemak paus ini tebalnya mencapai 1,6 kaki yang berfungsi untuk tetap membuatnya hangat. Paus jenis ini menjadi hewan terbesar kedua di Bumi. Saking besarnya, paus kepala busur memiliki berat sebesar 200.000 pon dan panjangnya mencapai 62 kaki.

Sesuai dengan penamaannya, tengkorak paus ini berbentuk busur dengan panjang 16,5 kaki atau sepertiga dari panjang tubuh hewan tersebut. Dengan tengkorak sebesar itu, paus kepala busur mampu membuka mulutnya dengan lebar dan besar.

Cara Paus Kepala Busur Menggunakan Mulutnya

Walaupun paus kepala busur memiliki mulut yang sangat besar, mereka ternyata tidak menggigit mangsanya dengan gigi yang tajam lho.

Paus kepala busur bahkan tidak memiliki gigi. Mereka tergolong ke dalam paus balin yang artinya menggunakan sistem penyaring makanan untuk mengkonsumsi makanan mereka.

Balin ini seperti bulu-bulu besar yang menyerupai sisir dan berfungsi sebagai pengganti gigi. Jumlah balin ini bukan hanya puluhan, namun ratusan.

Paus kepala busur makan sembari berenang dengan mulut terbuka lebar. Ini dimaksudkan untuk menyaring makanan melalui balin.

Apa Makanan Paus Kepala Busur?

Paus jenis ini memakan zooplankton yang biasa disebut dengan krill. Semacam invertebrata yang mirip dengan udang.

Meskipun invertebrata laut menjadi makanan utama paus kepala busur, mereka juga sering memakan ikan-ikan kecil yang ada di perairan.

Menurut perkiraan para ilmuwan, rata-rata porsi makan paus kepala busur sekitar 100 metrik ton, atau lebih dari 220.000 pon krustasea setiap tahun. Mereka makan hingga dua ton makanan per hari.

Umur Paus Kepala Busur Mencapai Ratusan Tahun

Mengutip dari laman Roaring Earth, paus kepala busur diperkirakan memiliki usia ratusan bahkan lebih dari 200 tahun. Mereka termasuk ke dalam mamalia yang hidup terlama di dunia.

Sebelumnya, paus jenis ini sempat dianggap memiliki umur kisaran 60-70 tahun. Namun, sejak tahun 1990-an, muncul bukti bahwa mereka mampu tumbuh jauh lebih tua dari yang diduga sebelumnya.

Hal tersebut dibuktikan oleh penemuan paus kepala busur pada tahun 2007 silam. Saat ditangkap oleh pemburu, ditemukan sebuah tombak yang tertanam jauh di dalam lemak lehernya. Tombak itu diproduksi oleh New Bedford Whaling Company dari Massachusetts pada tahun 1890.



Simak Video "Penampakan Paus Bungkuk Sepanjang 10,5 Meter Terdampar di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia