Benarkah Google Career Certificate Bermanfaat di Dunia Kerja? Ini Kata Pihak Google

Benarkah Google Career Certificate Bermanfaat di Dunia Kerja? Ini Kata Pihak Google

Nikita Rosa - detikEdu
Rabu, 18 Jan 2023 20:00 WIB
Kantor Google
Kantor Google. (Foto: Getty Images/JHVEPhoto)
Jakarta -

Google Career Certificate adalah program pelatihan online yang menawarkan sertifikat profesional di bidang teknologi. Diluncurkan oleh lembaga pencarian Google, benarkah sertifikat ini bermanfaat di dunia kerja?

Google meluncurkan Google Career Certificate di Indonesia pada tahun 2023 dan terus berkembang menjadi empat bidang studi, yaitu IT Support, Analisis Data, Desain UX, dan Manajemen Proyek.

Dora Songco, Product Marketing Manager Google Indonesia menerangkan bahwa Google melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat modul-modul pembelajaran.

"Jadi riset ini yang membantu kita untuk membuat atau menyediakan modul-modul yang memang sedang dibutuhkan baik oleh perusahaan maupun skill-skill yang dibutuhkan saat ini," ungkapnya dalam Pers Konferensi Google Career Cerficates Scholarship dengan Startup Campus disiarkan via Zoom, Rabu (18/1/2023).

Setelah meluncurkan Google Career Certificate, banyak peserta yang merasakan manfaatnya. Dari peluncuran pertamanya di Amerika, pihaknya mengungkapkan banyak cerita sukses dari program Google tersebut.

"Mereka-mereka yang mengikuti Google Career Certificate menghttps://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6522801/benarkah-google-career-certificate-bermanfaat-di-dunia-kerja-ini-kata-pihak-googlekan bahwa sertifikasi ini bisa membantu mereka, [Google Career Certificate] dilihat oleh HR [Human Resources], employers, bahwa mereka sudah melalui GCC," papar Dora.

Dibantu Mitra Google

Selain itu, Google juga memiliki kemitraan dengan beragam perusahaan. Untuk saat ini, sudah ada 70 mitra Google Indonesia.

Mitra-mitra ini dapat membuka lapangan kerja bagi pemegang Google Career Certificate. Baik menjadi peserta magang maupun karyawan penuh waktu.

"Udah ada beberapa case study juga, bahwa mereka yang melalui program kami diterima kerja," ujar Dora.

Adapun mitra Grow With Google ini adalah perusahaan online market Tokopedia dan Bank BCA.

"Mereka-mereka yang sudah selesai bisa kita salurkan untuk bertemu dengan mitranya," pungkas Dora.

Biaya Google Career Certificate adalah Rp 210 ribu per bulan melalui platform pembelajaran online Coursera.

Nah, saat ini Google bersama dengan Startup Campus membuka program Startup Campus Bina Bangsa bersama Google. Di mana, Google dan Startup Campus memberikan 300 beasiswa untuk mendapatkan Google Career Certificates.

Untuk pendaftaran beasiswa dengan Google Career Certificate detikers bisa menuju https://startupcampus.id atau bit.ly/SC_BeasiswaGoogle sebelum 12 Februari 2023. Sementara https://www.detik.com//edu/detikpedia/d-6522801/benarkah-google-career-certificate-bermanfaat-di-dunia-kerja-ini-kata-pihak-google lebih lanjut mengenai beasiswa https://www.cemmlibrary.org/tag/beasiswa ini dapat dilihat di Instagram @startupcampus.id atau website startupcampus.id.



Simak Video "Upaya Google Hadirkan Pesaing ChatGPT"
[Gambas:Video 20detik]
(nir/nwk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia